Puisi-puisi D Zawawi Imron

SAJAK GAMANG

 

dibiarkannya orang-orang merangkak

selarat kerbau menarik bajak

dibiarkannya cacing yang tak punya kuasa

 

kalau anak-anak menyanyi tentang daun-daun hijau

bagus, karena bapaknya parau bagai harimau

musik dan gamelan kadang bikin gamang

sungai dan hutan jangan diurus kancil atau siamang

 

 

DOA I

 

bila kau tampakkan secercah cahaya di senyap malam

rusuh dan gemuruh mengharu biru seluruh tubuh

membangkitkan gelombang lautan rindu

menggebu menyala

dan lagu-Mu yang gemuruh

menyangkarku dalam garden-Mu

 

biarkan aku menari dalam lagu-Mu

gila lestari melimbang badan

ah, hatiku tertindas gatal dan pedih

meski nikmat semakin erat memelukku

 

aku meronta dalam kutuk-Mu

duhai, naung kasih-Mu melambai tangan

 

sekali lagi kau kilatkan cahaya di tengah malam

aku silau, hanya tangan yang menggerapai

golang golek tubuhku dalam yakin

ah, kegilaan begitu mesra

tangis bahagia yang bersimbah di raut jiwa

menggermang nyala bulu-bulu seluruh tubuh

terbisik di hati puji syukur memanjat rindu

 

1965

 

(diambil dari buku : CINTA LADANG SAJADAH, karya D ZAWAWI IMRON, penerbit Gita Nagari, cetakan I, tahun 2003)

 

 

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Tulisan ini dipublikasikan di Puisi Penyair Lain 2. Tandai permalink.

52 Balasan ke Puisi-puisi D Zawawi Imron

  1. AINUR MUCHLIS SALAM berkata:

    apakah salah klo saya mencintai seorang wanita dengan tulus?
    tapi perempuan itu tidak mau mengerti perasaan saya.
    dia tidak pernah tau kalo cinta ini bener-bener dari hati saya yang sesungguhnya.
    lalu saya harus bagaimana??

  2. budhisetyawan berkata:

    Tidak ada yang salah dalam mencinta. Namun mesti disadari bahwa yang dicinta juga punya cinta, dan kadang tak bertemu dengan cinta kita. lalu apakah itu cinta tulus, cinta sejati? definisi yang cukup sulit. namun sebagai gambaran adalah apakah setelah bersama yang dicintai, masih terus terjaga perasaan rindu? rindu yang mengabadi walau telah bersama yang dicintai? sangat sering kenyataan tak seindah yang dimimpikan. Semesta cinta adalah, segala cinta mengalir dari-NYA, dan segala cinta menuju pada-NYA; Allah lah mata air cinta, sekaligus muara cinta.

  3. memet berkata:

    bagaimana kita mengenal cinta, sejauh mana kita menjalankannya sampai kapan cinta itu ada?

  4. sambayang berkata:

    saya pernah menulis sebuah puisi yang bait terakhirnya saya tuliskan “laknat apa yang kusebut cinta?”
    saya menganggap cinta secara horisontal adalah sebuah laknat yang membawa kita pada keterjebakan makna yang ditempuh pada akhirnya. hingga suatu saat kita sadari ternyata kata itu hanyalah sebuah dinamika yang menggerakkan kita pada sebuah gerakan yang terlalu mendayu-dayu. maaf, kalau pendapat ini salah buat orang lain. tapi saya lebih tertarik untuk mendefinisikan cinta itu sendiri sebagai suatu hubungan vertikal yang takzim dan khusuk untuk dijalani oleh manusia.

    • budhisetyawan berkata:

      cinta kan universal. kalau secara parsial atau sempit bisa diartikan hanya cinta antara laki2 dan perempuan.

      padahal cinta secara lebih luas mengakomodasikan banyak perasaan.

  5. herry berkata:

    Pakde Zawawi, kapan Njenengan neng Pontianak………????

  6. rachmad jaya berkata:

    ustad gimana kabar’?

  7. rachmad jaya berkata:

    kucari makna hidup sejati , ku arung badai dan taufan ,demi hidip yang haqiqi

  8. ivan berkata:

    puisinya kok gak lengkap sih…. gmn sih penyedia website ini..

    • budhisetyawan berkata:

      maaf, hanya beberapa puisi pendek dari penyair yang buku puisinya ada menjadi koleksi saya.
      terima kasih.

  9. umar berkata:

    mengenyam pendidikan di bumi ini
    lebih mirip dengan kambing yang di gemukkan
    untuk di sembelih jadi kurban
    dan pesta anak-anak mesjid
    yang lupa pada shalatnya

    he he… cuman jalan-jalan… lagi nyari puisi Clurit Emas….peace…. O Mar (Ke Laut)

  10. arief berkata:

    bang kpan maen2 kjember d umj?

  11. arief berkata:

    oya ada yang lupa,dsini banyak anak madura yang kul dsini dan banyak yang suka puisi-puisi jenengan.

  12. Reny Widya Lestari berkata:

    Kapan ada pentas puisi di sby, kiai..? Mhn kirimi undgnnya. Nuwun.

  13. uchok berkata:

    salamnya buat orang2 yang berjasa bagi negri ini yang udah almarhum bahkan yang masih ada.. mudah-mudahan almarhum pejuang negri ini di terima di sisi tuhan…. AMIN

    • budhisetyawan berkata:

      dan perjuangan tidak mengenal berhenti.
      karena hakikat perjuangan adalah mengupayakan keadanan menuju lebih baik.
      “continuous improvement to be better”

      salam Juang.

  14. uchok berkata:

    salam sejahtera bagi pejuang indonesia semoga nama kalian harum sepanjang massa………

  15. JAMALUDIN berkata:

    ASSALAMU’ALAIKUM B.Haji …
    kpan sich ngluarin sajak tentang poligami

    • budhisetyawan berkata:

      maaf, yang tahu mungkin ya Mas Zawawi sendiri.
      saya hanya mencantumkan beberapa sajaknya di blog saya ini.

      salam,
      Buset di Jkt.

  16. H Doel Ka berkata:

    cinta it ap………..n bagaimna………..sdang qt slalu sja dsuguhi cnta beralas birahi

    • budhisetyawan berkata:

      cinta bisa diartikan secara luas dan sempit, tergantung paradigma mana yang digunakan. cinta sendiri ya cinta. hanya manusia yang mudah terjebak dalam arus pemikirannya sendiri, yang kadang berputar-putar dan tak mampu keluar ke cakrawala yang lebih luas.

      sesekali kita boleh mencoba: ‘out of the box’.

      salam dialektika.

  17. JAMRIN ABUBAKAR berkata:

    Salam kenal, saya salah satu pengagum penyair Zawawi Imron yang kebetulan dalam beberapa event penyair sering ketemu dengan beliau. Insya Allah pada tanggal 15-16 Pak Zawawi hadir di Palu untuk ceramah atas undangan STAIN Dato Karama. mudahan ada waktu luangnya bisa berdialog dengan seniman Palu.

    • budhisetyawan berkata:

      wah, bagus tuh kalau mas zawawi bs ke Palu.
      sampaikan salam dari saya ya.
      pengelola blog ini, dan pengagum beliau.

      Buset, di Jkt.

  18. JAMRIN ABUBAKAR berkata:

    Salam kembali, Pak Zawawi Imron selama di Palu, 15-17 Januari 2010, sempat menjadi pembicara di acara Komunitas Sastra Indonesia dan Tradisi Lisan yang diprakarsai Hudan Nur. Acaranya diikuti sejumlah penyair Palu dan pelajar.
    Selain diskusi, Zawawi melakukan ceramah di STAIN Dato Karama Palu yang meruapkan acara pokoknya. Minggu, (17/1) lalu dari Palu menuju Jakarta untuk sebuah acara.
    Ok terima kasih.

  19. titin supriatin berkata:

    hari ini dosenku bilang lagi jalan-jalan sama pak zawawi hiksss jadi ngiri,

  20. Maghfur MR berkata:

    Salam seni dan budaya, izinkan saya berguru walau dari jauh. tapi sayang saya sepi dari karya-karya buku sasatra sampean kiyai.
    Maghfur MR/RT:1RW:5/Bulu Jaddung Pragaan Sumenep 69465

  21. rujito/alie emje berkata:

    salam jumpa,bung.salam kreatif.anda semakin suntukdan mendapatkan pencerahan dari sastra. tolong ada, puisi-puisi zawawi, pak D. yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam, Bung.He…. salam.saya baru butuh puisi-pak D.maaf ni pinjam laptop temen. salam alie emje

  22. ALFIYASUBHAN berkata:

    CINTA ITU INDAH BAGI YANG MEMAKNAI DENGAN TULUS,
    TAPI INGAT CINTA KEPADA MANUSIA HANYALAH SESAAT , CINTA KEPADA ALAM HANYALAH KEINGINAN DAN CINTA CITAMU TERTUJULAH KEPADA ALLAH SWT YANG TELAH MEMBERIKAN CINTA PADAMU DAN PADA SETIAP MAHLUK. BUAKANKAH BEGITU . . . ???

  23. fani berkata:

    ya gitu deeeeeeeeeeeech…………..!!!!!!!!!!!!!!

  24. ram dhani berkata:

    tk smulus plepah pisang,,
    arang pun sering datang,,
    air mata mnetes tk trasa,,
    cintapun kadang luluh lantah,,karena dusta,

    mnurut anda keeratan antra sastra dan seni itu gmna?

  25. irfan dimas berkata:

    hehehehe g da yg mau d komen………. pokokx om budhi & om zawawi ok lah, ada salam dari komunitas Clurit Emas d proboliggo………

  26. miLLa berkata:

    saya kagum dengan beLiau .. puisinya kental sekali nuansa madura .. kebetulan saya maduRa . hehehehh* saya ada tugs kuLIah wawancara sastrawan .. bisa minta emailnya bapak sawawi . biar saya bsa hubungi beliau . terimakash

  27. linda berkata:

    karyamu bgus dan prlu d cptakan kmbqaliagar rmaja indonesia lbih mngenal arti puisimu

  28. MAKNA APAPUN,TERGANTUNG PADA KATA.,INGAT ITU !,KATA KATA KATA…….APRESIASI BUAT ANDA.SELAMAT BERKARYA

  29. arlinawati berkata:

    sejak kecil saya menyukai puisi-puisi sampeyan pak de. bagus, natural, brilliant

  30. ana berkata:

    pak De tapi mengapa saya itu tidak suka dengan yang namanya cinta ituuuuuuuuuuu
    dan saya suka dengan puisi-puisi pak De nie
    pak de boleh ga’ law aq nanyak sesuatu ma pak DE
    tentang masalah puisi…………..
    napa setiap saya buat puisi itu selalu macet di tengah gitu pak De gimana caranya agar tidak seperti itu

  31. ana berkata:

    Pa pa’ De kenal ma yang namanya Asyari khotib dulunya dia mondok di annuqoyah
    katanya dia belajar ma pa’De katanya seketika itu dia bercerita di kelasnya saya

  32. Wawank Zadega berkata:

    gan bisa di kirimi semua puisi d.zawawi imron dalam kumpulan puisi derap derap tasbih di email wawankpasung @yahoo.com

  33. asrofi berkata:

    mas tolong kalau anda punya puisinya zawawi imron yang berjudul “lidah berdzikirlah” tolong send ke email asrofiannahjah@yahoo.com

  34. Laila berkata:

    hari ini, madrasahku kedatangan tamu besar, yaitu Bapak Zawawi Imron (Salah satu inspirator dalam hidupku).
    satu hal yang mengena, “Murid-muridku yang aku sayangi.. Tidak ku tinggal disini, tapi senyummu kubawa pergi..”
    semoga bisa bertemu dan menggali ilmu dari beliau lagi.

  35. Revisha Burhan berkata:

    di mana yah bisa dapat buku kumpulan puisi derap-derap tasbih karya D. Zawawi Imron, sdh sy cri2 d bnyak toko buku tp tdk ada .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s