Puisi-puisi WS Rendra

KANGEN

 

Kau tak akan mengerti bagaimana kesepianku

menghadapi kemerdekaan tanpa cinta

kau tak akan mengerti segala lukaku

kerna luka telah sembunyikan pisaunya.

Membayangkan wajahmu adalah siksa.

Kesepian adalah ketakutan dalam kelumpuhan.

Engkau telah menjadi racun bagi darahku.

Apabila aku dalam kangen dan sepi

itulah berarti

aku tungku tanpa api.

 

 

KENANGAN DAN KESEPIAN

 

Rumah tua

dan pagar batu.

Langit di desa

sawah dan bambu.

 

Berkenalan dengan sepi

pada kejemuan disandarkan dirinya.

Jalanan berdebu tak berhati

lewat nasib menatapnya.

 

Cinta yang datang

burung tak tergenggam.

Batang baja waktu lengang

dari belakang menikam.

 

Rumah tua

dan pagar batu.

Kenangan lama

dan sepi yang syahdu

 

(diambil dari buku : EMPAT KUMPULAN SAJAK, karya RENDRA, penerbit Pustaka Jaya, cetakan kedelapan, tahun 2003)

 

 

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Tulisan ini dipublikasikan di Puisi Penyair Lain 1. Tandai permalink.

143 Balasan ke Puisi-puisi WS Rendra

  1. Ping balik: kangen « Dianika Wardhani’s Stories

  2. ihsanul fikri berkata:

    Apakah “ada” adalah kesia-siaan dalam kerangka sepi, terluka, tanpa cinta. Dan dengannya adalah menjadi kelumpuhan.

  3. budhisetyawan berkata:

    Apakah kangen merupakan ‘siksaan’ yang indah? Semoga terus ‘kangen'; resah dan gelisah dengan letup kata-kata yang terus bertumbuh…

  4. A Yoga R berkata:

    mas budhi, saya mohon ijin meng-kutip puisi “kangen” karya WS Rendra-nya ya.. untuk blog saya.. suwun..

  5. budhisetyawan berkata:

    silahkan kutip, asal tetap mencantumkan bahwa pengarangnya Rendra. saya juga mengutip dari buku kumpulan sajaknya. Selamat berkarya, salam kreatif

  6. raisa berkata:

    bagusssssss

  7. Kwartini Putri berkata:

    Bagus,,,,
    aku sering kirimin ke temen-temen
    tapi tenang Pak Rendra
    tetep pake nama anda..

    Pementasan “ayam jago”nya
    unik..

  8. kamali berkata:

    Ass, mt sore mas Rendra……. Q kagum bgd lho… bs bca Puisi mz rendra.tapi sayangnya kurang banyak puisi percintaannya, maklum… Q kan nak muda.dah kya gto za ya Mz trimakasih …..

  9. Achie berkata:

    sungguh kagum aq sama W S Rendra…puisi2nya tak berlebih tapi mampu menyentuh hati…sayang baru sekali aq melihat beliau secara langsung, pengen lihat beliau baca puisi neh…
    kangen…..sungguh kangen.

  10. faisal muchtar al khaufi berkata:

    dahsyat……..sajak rendara memang benar2 hidup….

  11. Rizta berkata:

    ih..nggak ngerti d..

  12. HAZBHIE berkata:

    bung rendra aku salut dengan karyamu yang berjudul “jembatan”

  13. Azrie berkata:

    Meskipun kTa”nya kdG g ngerTi tp zRie ska buanget ma puiSinya w.S. Ren

  14. dian berkata:

    puisine bagus bangetz!!!!q salah satu pembaca setya puisi mu

  15. waz berkata:

    puisinya sangat menggetarkan sanubariku….puisi ini mengenangkan aku pada seseorang

  16. ogie berkata:

    puisinya ajiiiiiiiiiiiiiiiiiiib…..

  17. Ninda berkata:

    ya…ya…..

    aku suka puisi mu yang berjudul “kangen”
    Remuk deh aku baca puisi-puisi mu…

  18. vha berkata:

    rendra emang ngerti apa isi hatiku…….

  19. deas berkata:

    corre…
    om rendra,puicinya kena banjeeetz ma aq..,
    aq kangen bgt ma Bunda ku,,
    aq gtw kpan lg bsa ktmu ma bunda ku,
    aq jd mkin kangen ma bundaku,
    om Rendra bkinin puisi bwat ku donk,
    but,tema na “JANGAN SAKITI QU LG”

  20. Ilman berkata:

    Enak banget didengar,n’ dibaca
    Salut aja deh ama w.s.rendra

  21. evi berkata:

    puisi ms rendra mak nyus agtz ,,ms bkenen puisi tentang cowok yg ska mabuk.

  22. Awal berkata:

    Tampilin Lagi dund yg lain na….

  23. ucus berkata:

    aku suka bgt sama puisi2 mas rendra…. kan swami konser lg? kantata takwa msh ada kan?

  24. bony berkata:

    puisi ‘surat cinta’ ws rendra dahsyat buanget.. juara..

  25. cahyo berkata:

    sangat….sangat….melegenda

  26. danu berkata:

    om saya blh minta buatin puisi untuk ngelamar pacar saya????

    saya minta tolong banget ya om

    kl bisa om kirim ke email saya

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  27. putri berkata:

    pernah sekali aku mengikuti lomba baca puisi.dari sekian banyak pilihan puisi, aku langsung tertarik dengan puisi ws. rendra berjudul kangen.
    benar firasat saya….
    walaupun hanya membawa saya ke 10besar,tapi “kangen” benar-benar puisi yang membuat saya sadar bahwa selama ini saya terlalu banyak berpura-pura…

  28. Afny Tiara Dewi berkata:

    SaYa SanGat KaGuM DenGaN W.S rENDRA because sa Ya sAngat Mewnyukai Puisi……….Pokoknya Tuk W.s RendRa Maju Terus…………Ok……………

  29. indra fahmi berkata:

    puisinya emang bagus banget saya sempat terharu saya ingin
    di buatin puisi yang tentang bencana kirim ke e-mailku ya………………………………………………..
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,~@~,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!?????

  30. budisan68 berkata:

    setelah saya ngopi geguritan minta izin ngopi lagi ya mas, saya tempel di blog saya

  31. Rendra berkata:

    W.S.Rendra. seloga alur darahmu terlintas di darahku D.Rendra.S

  32. mzuhry berkata:

    hebat hebatttttttttt….pas baca puisi kangen bulu kuduk ku langsung merinding..uuhhhggg..

  33. mzuhry berkata:

    terus lah berkarya…sukses slalu..puisi nie ku lirim ke teman2 ku..nam anda tak mukin aku tingalkan..guud luc

  34. nabila berkata:

    baguuussss…….banggggggettttttt

    tugas b.indonesia saya tertolong …….

  35. immanuel berkata:

    keren nieh puisi na

  36. immanuel berkata:

    buatin puisi yang indah donk buat saya

  37. Fathir Fauzi berkata:

    puisi kenangan dan kesepian bagus mengingatkan saya pada rumah dulu

  38. dodol berkata:

    mas mohon saya kutip puisinya ya makcih
    hormat saya

  39. budhisetyawan berkata:

    terima kasih buat semua teman2 yang telah memberi komentar, sehingga blog ini ramai dan meriah. maaf, kalau tak semua sajak yang teman2 bayangkan atau inginkan ada di blog ini. alasan utama adalah tempat, sehingga saya ambilkan sajak2 pendek untuk ditampilkan di blog ini. semoa teman2 maklum. salam. Majulah masyarakat membaca!

  40. ruth marini berkata:

    mas..rendra… jd kembali merasakan ” kangen “…

  41. rizka anindita berkata:

    wah yang “kangen” kereeeeen

  42. budhisetyawan berkata:

    membaca puisi karya Rendra di atas lalu menjadi kangen? wah dahsyat ya……

    selamat ber-kangen2 ya…
    tumpahkan kangen teman2 pada coretan pena, apa pun namanya: puisi, cerpen, novel, esai atau sekedar curahan hati saja; yang mungkin akan menjadi teman dalam bercakap di masa2 ke depan; mungkin pada usia senja….

    mantapkan semangat di dada dengan semboyan: “Aku berkarya, maka aku ada.”

    salam…

  43. Ika Nurhidayah berkata:

    Semua puisi bapak bagus banget…..
    aQ jg mau seperti bapak yang puisinya dGemari oleh orang banyak

    • budhisetyawan berkata:

      salam sastra.
      saya juga banyak belajar dari penyair si Burung Merak “WS Rendra”.

      beberapa hari kemarin saya dengar dia dirawat di ICU RS Harapan Kita. semoga segera sembuh dan panjang usia..

  44. chacha berkata:

    om Rendra,,, Puisina bwtq jd smakin kangen ma someone who is in Dili-Timor Leste…

  45. achmad obe marzuki berkata:

    Salam Budaya !

    di persimpangan aku berhenti
    membaca ke adaan yang amboradul
    hati berontak
    pikiran pecah ke udara
    ya, ambyor
    dunia bogan bala
    zaman sa’iki zaman edan
    harumnya asap sate babi,dan asap dupa
    dan bau busuk di tiap sudut-sudut kota
    menebar hingga menusuk jantung duni

  46. budhisetyawan berkata:

    terima kasih mas Achmad…
    sudah singgah di blog saya dan memberi komentar yang sangat puitis dan bergelora…

    semoga tetap menyala semangat kita semua untuk memperbaiki keadaan.

    salam kreatif..

  47. dani berkata:

    Mohon infony, saya lg hunting ‘Blues untuk Bonnie’ dimana ya nyarinya, untuk mlengkapi buku2 puisi Rendra saya. Dan unt buku2 puisi Mas Budhi cariny dimana, apa bisa mesen?
    Blogny bagus, minta ìjin numpang tidur di blog Mas Budhi, ya.
    Tabik.

    • budhisetyawan berkata:

      terima kasih sydah mau singgah…

      buku2 puisi rendra, beberapa ada di toko2 buku umum. ada yang di toko buku Balai Pustaka, jln Gunung Sahari, dkt Senen.
      juga ada di kios bukunya Jose Rizal manua di dalam kompleks Taman Ismail marzuki (TIM) di Cikini, jakarta pusat.

      buku2 saya di : Gunung Agung, Karisma, Tisera, Kios buku Jose Rizal TIM, Intermedia, Restu Agung, dll..
      atau kalau mau datang ke kantor saya di depkeu..

      salam,

      selamat berburu buku puisi…..

  48. galuh berkata:

    blog yang bagus!!!
    Untuk melengkapi, barangkali ada yang berminat dengar bagaimana Rendra Membacakan karya-karyanya. Saya siapkan dalam format MP3, Mampirlah kesini http://apdnsemarang.wordpress.com/

    • budhisetyawan berkata:

      terima kasih atas kunjungannya serta info tentang mp3.. ws Rendra.

      saya pernah punya mp3 performance Rendra, mustofa brisri, dll; juga format video riwayat: Pram, Koetowijoyo, Umar khayam; yang dibuat oleh Yayasan Lontar. namun hilang bersama dengan hilangnya laptop saya di kereta KA Gajayana, perjalanan Jakarta -Malang 3 Juni 2009.

      nanti saya kunjungi blog anda.

      salam..

  49. ausatha berkata:

    turut berduka atas meninggalnya penyair kita ws rendra

    • budhisetyawan berkata:

      Indonesia kehilangan penyair, seniman, dramawan, budayawan besar. sulit dicari sosok yang sepadan dengannya.

      yang diharapkan tentunya untuk generasi muda adalah agar selalu konsisten dan komitmen penuh dalam berkarya yang terbaik, dengan memperhatikan kondisi di sekitarnya, dan diupayakan membantu menyuarakan agar ada perbaikan kondisi menuju yang lebih baik dari yang berwenang…..

  50. Darmanto berkata:

    Sang Burung Merak pun akhirnya meninggalkan kita semua, dengan meninggalkan segudang goresan pena yang mewarnai sejarah bangsa ini.

    Selamat jalan Rendra…., selamat jalan Burung Merak……

    • budhisetyawan berkata:

      karya2nya tak lekang oleh zaman….. semangat pemberani dalam menentang ketidakadilan akan terus nyala dan membara dalam degup pencintanya…..

  51. zuhri berkata:

    so sad……
    selamat jalan…
    kini kau terbang sang burung merak..,tak kan turun lagi.

    • budhisetyawan berkata:

      Burung Merak itu telah kembali, masuk ke dlam sejatinya puisi, awal kehidupan yang baru…. dalam kasih sang maha penyair…

  52. bri berkata:

    ___nice art…mas bri minta kutip puisinya u/ diblog ya___
    ____hari ini kehilangan sastrawan …hiks2_____
    ______salam prestasi dari bri_______

  53. anggara berkata:

    turut berduka cita yg sedalam2nya
    smoga amal ibadahnya diterima allah SWT
    AMIN
    slamat jalan mas rendra,,,
    karyamu akan selalu dikenang,,,

    • budhisetyawan berkata:

      dan semoga kerabat dan seniman2 lainnya tetap semangat berkarya dengan terbaik, sembari mengenang kegigihan WS Rendra yang berani bersuara mencari keadilan.

  54. lukas berkata:

    kawan sesama pencinta ws rendra, ri burung camar telah meninggal dunia

    • budhisetyawan berkata:

      sebutan nya adalah Si Burung Merak….. kalau burung Camar sebutan untuk penyanyi pop indonesia, Vina Panduwinata….

      salam..

  55. naw 09 berkata:

    Terimakasih Rembulan

    terima kasih ku kpda almrhum Rs.RENDRA….
    krna tlah mnciptakan syair2 yg bgtu indah
    bgtu mnyentuh hati
    bgtu terang
    bgai rembulan yg mnyinari malam yg gelap

    selamat jalan rembulanku
    knanganmu akn slalu ada didalam hati akmi….
    tuk selamanya…

  56. jimbo berkata:

    Semakin nyata kangen kepada puisi WS Rendra setelah beliau tiada….

    • budhisetyawan berkata:

      merasa memiliki setelah kehilangan…..? banyak yang seperti itu…. yang penting kita berupaya membantu agar anak2 lebih gemar membaca, daripada menonton sinetron/televisi…

      salam kreatif

  57. wawan berkata:

    selamat jalan ws Rendra puisi mu akan skaku di kenang spanjang masa

  58. rizki maulana kadapi berkata:

    sang legendaris telah tiada . . . akan adakah yg spt beliau.
    semoga amal ibadah nya diterima allah swt.amin . . . .

  59. bisot berkata:

    mas, ijin copy paste puisinya.

    salam

  60. Djathy berkata:

    Sajak2 rendra dlm 1 kset diantaranya Hutan bogor, paman doblang, sajak rajawali, nyai dasima, surat joko tobing untk widuri, sajak burung condor, sajak seorang tua kpd istrinya dll

  61. febriansyah berkata:

    >>Kange<<< kita akan selalu kangen dengan karya2 W.S Rendra

  62. aan berkata:

    salut banget kepadamu ws rendra .
    slamat jalan smogga di terima disisi allah swt,

  63. alfigenk berkata:

    mas…saya kadang-kdang aku suka bikin puisi,..tapi saya tidak percaya diri
    alamta blog saya alfigenk.wordpress.com..
    tolong mas dilihatin puisi-puisi saya,apakah bagus atau tidak..
    terima kasih ya

  64. amie berkata:

    Innalillahi wa Inna Ilaihi Roji’uun………………

    selamat jalan Sang Burung MErak, Semoga Engkau Nyaman di

    sisi-NYA………………..

    TerbAnglAH tInggI KeLangiT……………….. Dan HingGapLah di sisi

    Sang Pencipta dengan Damai dan Tenang

  65. lida berkata:

    yahut banget…..selamat bung…..!

  66. tripraptowo berkata:

    kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen!

  67. kikikkiki berkata:

    bung anda memang seorang bangsa yang sangat luar biasa
    semoga allah menerima disisinya

  68. taufixizmir berkata:

    sumber inspirasi,keberanian,jiwa yang telah pulang ke tempat asal..

    Al-Fatihah…

  69. fasyah berkata:

    aq sqa d9n krya beliau yg s9t t-o-p b-g-t……………….

  70. kahlil berkata:

    andai ada lg puisinya
    aku sk banget kata2nya.

  71. syntia berkata:

    keran baget puisi” nya .
    jadi terharu.

  72. budhisetyawan berkata:

    Terima kasih kepada semua teman2 yang telah memberikan komentar di sini. Ya rendra telah pergi. Penyair, dramawan, budayawan besar itu telah mengepakkan sayapnya menuju sisi sang Maha Penyair. masuk ke dalam kasih-sayang keabadian.

    dan…
    Rendra menjadi kenangan,
    ketika ia menuju langit kesepian.
    (seperti puisinya yang saya cantumkan di atas)

    salam sastra!

  73. yahya mahmud berkata:

    Ya, hanya ada beberapa gelintir penyair dengan energi sebesar dia. Yg sedikit itu kini telah berkurang satu lagi. Sulit mencari lagi penyair dengan karya dan gaya membaca yg khas seperti itu.

  74. ajengkol berkata:

    wah sama aku juga kebetulan suka banget sama kangen

  75. aleen_dj berkata:

    bsa g klo puisi puisinya ws rendra d muatin lbih bnyak lgi..??

  76. octa berkata:

    wahhh….,”kagen”….
    yo,,tweet…
    hehehe,,nyontek y oM rEnDra…

  77. SAGIMIN, S.E. berkata:

    memang saya terhadap penyair ws rendra….merupakan inspirator…untuk memberikan gelesihan yang selama ini terpendam …..adapun puisi yang jelas tertera diatas bahwasanya telah saya buat musikalitas …..apabila memang ada yang mau mendengarkan aransemen …..yang saya buat silakan tulis komentar….sagi.

  78. Rifqil berkata:

    kangen rendra baguuus banget kan !

  79. sazkya berkata:

    kangen memang menyiksa, seperti halnya sekarang kerinduanku pada akan karya ” si burung merak ” yang mungkin hanya terpatri dalam hati, selamat jalan rendra namamu kan selalu terukir dalam sejarah indonesia, salam damai dari anak pribumi,

  80. subki marwah berkata:

    WS Rendra, puisi-puisimu sangat bagus….
    selamat jalan semoga amal ibadahmu diterima Allah SWT..Amiin

  81. eva berkata:

    puisi’a sllu kren n baguz bggt
    gk akn ad lg org ygg bza bkn puisi spt WS RENDRA!!!

  82. andre pratama berkata:

    SAYA BNAR2 TAKJUB MEMBACA PUISI2 W.S RENDRA!!!!!!!!! BAHKAN SAYA HAMPIR MENANGIS!!!!! MESKI ENGKAU TELAH TIADA,TETAPI DIRIMU TETAP ADA DALAM OTAK KU!!!!!!!

  83. Mustaghfiri berkata:

    Aku posting juga ya di blog aku!

  84. mahade caecar Arizona berkata:

    puisi ini membuat semangat diriku.

  85. Dalika berkata:

    puisi yang sangat menyentuh hati q….
    huhuhu :(

  86. rizki andru pahlevi vi vi vi ..... berkata:

    Puisi kangen Bang Rendra…ruarrr biasa pilihan katanya.
    Biasa tapi tak biasa…
    Unik, tapi tidak aneh…itu yang ruarr biasa.
    Memang kangen racun ya Bang…( Alm.)
    Tapi racun yang menyehatkan adakan…racun kangen rindu akan cumbui Alloh.

    KANGEN
    Saat terttinggi ku dekap firman-MU
    Mati dunia gandrungi bidadari abadi
    Kapan…saat tertinggi itu kembali
    Aku kejar kau…saat tertinggi iman ini..duhai Ilahi Robbi.

  87. ALWY berkata:

    3 kata aja , PUISI NYA TOP ABIEZ………

  88. Ryan Akuino berkata:

    silahkan copy sesuka kalian asalkan tulis pengarang aslinya

    OKE…

  89. sugi berkata:

    keren…akhirnya kudapatkan juga….

  90. steve berkata:

    sepi.. masa lalu yang menusuk sanubariku… indahnya masa2 sepi untuk dikenang namun,.. tak mau kuulang..

  91. abie mrb berkata:

    engkau satu” nya orang yg bisa membuatkukagum,

    mungkin raga mu telah tiada, tapi hati mu masih berada di sisi ku, lewat karangan” terindah mu

  92. macroshin berkata:

    waw, krya seni yg hebat :D

  93. dian berkata:

    WAW,BAGUZ BWANGETTTTTTTTTTTT

  94. rohatul ain berkata:

    thanx’s for help my homework

  95. CECEP RUDI HARTONO berkata:

    KAYA WS RENDRA MEMBUAT HATI AK YAKN DNGN MENGHDPI KENYATAAN MEMBUAT KARYA WS RENDRA TERMOTIVASI ATAS HDP INI MKCH YA MAS KARYA MU KAN KU KENANG…..

  96. rosy berkata:

    KANGEN…
    waduuuuuuuh bkin inget di ms lalu gue bgt niiii………

  97. Syka Yumima berkata:

    Krend Bangth !
    Mju tyuzz !

  98. puisi pelangi berkata:

    lihat…dan rasakan…hanya ituyang aku bisa…tak ada…tapi masih bisa memberi senyum hangat….bantu aku menemukan bengkel yang kamu bilang kumuh…tapi aku rindu akan tempat kumuh…

  99. Elinah berkata:

    Subhanallah…puisinya bagus sekali. Aku baru mengenal Bpk. Rendra sekarang ini. Aku akan menjadi metamorfosa dari diri engkau Bpk. Rendra….. percayalah.

  100. hendra anak bulukumba berkata:

    saya sangat terkesang kepada puisi w.s Rendra, puisi sangat menarik untuk dibaca, saya sangat berterima kasih kepada beliau karena puisinya sangat bagus

  101. putri berkata:

    kren ….
    W.S Rendra memang is the best …
    moga aja ada yg dapat mneruskan dan menciptakan karya” seperti bliau …
    AMIN….

  102. iyem imuet berkata:

    Seandainya waktu bisa di ulang, aku ingin dimasa-masa dulu, aku kangen masa lalu, jadi ingat masa lalu, puisinya mengingatkan aku pada masa laluku pokoknya……
    trimakasih……

  103. Burung merak ….
    Terbang tinggi dari sarang ….
    Dan tak pernah pulang…..

  104. Yunus berkata:

    Pancuran air membelah bukit
    Nyanyian gemuruh air bernada pilu..
    Kutatap wajahmu
    Kubingkai kenangan

    Riang wajahmu di biaskan embun
    Jaket hitam serasi ditubuh indahmu.

    Seirama dgn warna batu2 cadas
    Yg licin dan berlumut..

    Oh indah..
    Keindahan kenangan terakhir yg membatu dlm ingatan.

  105. yulian isc berkata:

    LenGkapLah suDah sEpi iNi mEnGuruk sEndiriKu
    tErkuLai DikuNyah nElanGsa YanG bErApi-Api
    mEnyuSuri jaLaN LenGanG,
    bErSimbAh anGan taNpa TujuaN
    DaLam Gerap gErimis yanG ponGah menGhujam
    tErbuAi wajAhmu yanG mEnyuSup bErtubi-tUbi
    mEmbawA sEbaris kAta bahaGia
    yanG mEnengGeLamkaN nuraNi
    diAtas penGharApan tAk bErkesuDahaN.

    tEntanG rinDu kusAm, tEntanG ciNTa tErbuanG
    mEnGutip saTu NamAmu DianTara kELuh kEsah,
    GuNdah GeLisah dAn LaRa pEsakitaN.

    maSihkAh aDa sEcuiL sEnyum Darimu
    Dibatas pEnantiaNku yanG kiNi mAkin tErbaTa daLam kaTa-kaTa…..
    uNtuk mEmujimu, mEnGharaPmu, mEnciNtaimu dAn mEnaNtimu.

    Jika mAsih aDa ruanG yanG tErsisa Dihatimu,
    uNtukKu, sEdiKit sAja,
    toLonG bicaRaLah paDa taNah mEmbeNtanG,
    pOhoN-pOhoN riNdanG dAn anGin yanG mEnGusik kEponGahan.

    sEtidakNya biAr aDa taNda yanG biSa kuBaca dAn kuRaba,
    janGanLah sEpi yanG haDir,
    janGanLah sEmu yanG mEmbEku,
    Aku seLaLu bErjaLan mEnuJumu, iTu pAsti……

  106. anosa berkata:

    puisi indonesia yang paling saya sukai dari smp sampai sekarang….

  107. Doriana berkata:

    sungguh maha karyamu menggugah hati para pemuda-pemudi indonesia yang berjiwa sastra dan cinta terhadap indonesia…terimakasih pak Rendra…saya sangat mengagumi maha karya Anda….

  108. arief juniawan,drh berkata:

    puisi-puisi rendra….perpaduan ekpresionis dan impresionis…yg utuh….

  109. wawan sang penyihir cinta berkata:

    Semua puisi-puisimu ini sangat menakjubkan.

  110. oktaviana berkata:

    indahh….
    menyentuh hati….
    ingiin sekali bisa seperti anda….
    bisa membuat puisi yang terkenal seperti itu…….

  111. asprian.a berkata:

    apakah masih ada puisi ws.rendra yg tak di opload di sini.

  112. Emi farahmi, S.Pd berkata:

    Puisi2 yg menggugah., memberi energi bagi jiwa yg sarat dgn seribu tanya. Boleh mengirim puisi?

  113. haris el rifa berkata:

    Salam Sastra, Mas Buset…
    Kapan main ke Lombok lagi?

  114. afwanwahyupratama berkata:

    mas buatkan puisi yang bercitrakan perabaan donk !!!!!!!!!!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s