45 Menit Bersama Kang AHMAD TOHARI

Bekasi 8 September 2007; Hari sabtu pagi menjelang siang, saya dan istri serta anak saya yang kecil, pergi menuju sebuah toko buku di Kemang Pratama. Niat sebenarnya adalah mengirimkan sampel buku puisi saya. karena sudah masuk jam istirahat, maka saya masuk ke toko buku. setelah browsing dan surfing judul2 buku di rak, saya beli buku SEBUTIR KEPALA & SEEKOR KUCING (Ahmadun Y Herfanda) dan BELANTIK karya Ahmad Tohari. kemudian saya kembali ke rumah di Taman Galaxi, Bekasi 9 September; Iseng saya kirim pesan singkat ke Kang Ahmat Tohari. eh lha koq dibalas bahwa Kang AT lagi di Jakarta. saya kirim pesan lagi “bisa ketemu gak kang?”; dijawab: “jam 16 saya di gambir, naik KA bima jam 17″. wah kesempatan nih bertemu pengarang yang karyanya begitu terkenal dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa…. selepas makan siang dan dhuhur, saya n keluarga ke Jakarta, ke tempat ortu istri (mertua saya).

setelah sampai di rumah mertua, saya baru sadar bahwa buku2 karya Kang AT ketinggalan di rumah Bekasi; antara lain Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dini Hari, Jantera Bianglala, Belantik, Lingkar Tanah Lingkar Air, dll… waduh bagaimana nih.. mau minta tanda tangan di buku apa ya..?

(disini diselingi dengan saya bertamu & bertamu sebentar ke rumah Mas Beben (komunitas jazz kemayoran), sekalian memberi buku buatnya. karena rumahnya dekat yaitu di Serdang, Kemayoran)

pukul 14.30 saya ke sebuah toko buku di kawasan senen, ternyata buku karya Kang AT, stok lagi kosong. berpindah ke toko yang tak jauh dari situ. setelah searching di komputer toko tersebut, ada satu buku karya kang AT yang berjudul KUBAH. Novel pertama Kang AT itu masih ada stok 3 buku. tapi ternyata untuk mencarinya lumayan lama, sampai meminta bantuan 2 orang penjaga toko itu. rasa galau, risau, lekat memelukku… sedang waktu terus berlari….. akhirnya jam 15.55 kutemukan buku itu. langsung kubayar, dan segera saya meluncur menuju sta KA Gambir.

sampai Gambir jam 16.05, langsung saya telepon Kang AT. ternyata sudah berada di lantai 2, jalur 1. begitu terlihat wajah dan sosok kang AT…..dengan senyum ramah dan bersahaja melihat ke saya, dan kami bersalaman. (masih seperti belum percaya bertemu dengan penulis senior dan karyanya diakui). pertama yang saya lakukan adalah layaknya seorang fans bertemu idolanya yaitu meminta tanda tangan di buku yang baru saya beli tadi. kemudian saya juga meberikan sebuah buku ke3 saya yang berjudul SUKMA SILAM. lalu kami terlibat dalam pergumulan cerita dan percakapan. saya banyak bertanya tentang bagaimana membangun konsistensi menulis, proses kreatif, mensikapi hidup dan kehidupan, dll. dan saya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan beberapa masukan dan saran antara lain: banyak membaca, lakukan ibadah dzikir yang ‘berisi’, asah kepekaan terhadap lingkungan, terjemahkan sikap ‘ojo dumeh‘, dll. Kang At sendiri mengaku hampir tidak pernah menonton teve. hanya kadang kalau ada berita yang mengejutkan, misal ttg bencana alam. kemudian Kang AT juga berkata bahwa salah satu putranya yang telah berkeluarga, sengaja untuk tidak memiliki televisi. atau jalan tengahnya adalah dengan cara TV berlangganan disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kartun untuk konsumsi anak2. Sungguh kedatangan saya disambut seperti pertemuan dengan teman lama. saya sampai ‘merinding’ dengan kebersahajaan kang AT dalam kondisinya yang telah sangat terkenal dan dikenal.

sebenarnya sangat banyak cerita dari kang AT, akan tetapi sebagian kata2 dari Kang AT termakan oleh deru lokomotif kereta Argo Sindoro dan kereta jurusan Bandung, yang meskipun masih berhenti namun menderu dengan keras di samping kami.

tak terasa waktu kian berlari….. kereta Bima masuk stasiun pukul 16.50. kang AT saya temani masuk ke gerbong 3 KA Bima. Setelah berbincang sejenak dan mengucap terima kasih, saya keluar dari kereta; dengan perasaan ‘melambung’ laksana baru bertemu dengan kekasih. Bergegas saya menuju musholla di stasiun Gambir u sholat Ashar. Alhamdulillah. …

terima kasih Kang Ahmad Tohari, semoga terus berkarya dan menebar kebajikan lewat jalan sastra.

Budhi Setyawan

(setelah itu saya menuju sebuah toko buku di kawasan Kemang jakarta selatan, bertemu teman dan menemukan buku: AHMAD TOHARI: Karya dan Dunianya, yang ditulis oleh Yudiono KS. Kebetulan? wallahualam. ..)

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kabar & Silaturrahmi 1. Tandai permalink.

29 Balasan ke 45 Menit Bersama Kang AHMAD TOHARI

  1. Heru berkata:

    Mengesankan. Pak Budi, saya adalah pemburu tulisan2 AT. Kl boleh saya minta no hp atau telp AT. Terima kasih

  2. budhisetyawan berkata:

    Terima kasih sebelumnya yaa. No kang AT saya kirim ke email Mas Heru ya. Datang saja ke launching buku saya, tanggal 1 Des. Mungkin beliau datang di acara tsb. Bisa lihat di kolom Agenda Acara blog saya ini.

    • Kezia Devina berkata:

      Permisi Pak Budi, bisakah saya minta no hp Bapak Ahmad Tohari dan no hp bapak, karena saya ingin berbincang mengenai novel beliau dan berencana mengunakan pendapat anda dan Bapak AT sebagai sumber referensi dalam makalah saya mengenai Novel Berkisar Merah. Terima kasih banyak

  3. novela ridwan berkata:

    nama saya novela ridwan,
    saya mahasiswa FKIP UIR dan sekarang sedang penelitian untuk skripsi saya.
    dan penelitian ini adalah tentang novel belantik karangan Ahmad Tohari. apakah boleh saya meminta nomor HP, email bapak ahmad tohari.
    terima kasih

  4. rizki berkata:

    saya seorang mahasiswa fakultas sastra jurusan sastra indonesia undip
    pada bulan april 2008 mendatang hmj (himpunan mahasiswa jurusan) kami berencana mengadakan sebuah seminar sastra
    kami sangat berharap besar bapak ahmad tohari mampu hadir menjadi salah satu pembicara kami
    untuk itu apakah boleh kami meminta nomer hp dan alamat email dari bapak AT
    terimakasih

  5. budhisetyawan berkata:

    Terima kasih untuk komentar2 teman2 di sini. merupakan support yang nyata bagi saya. Salam kreatif.

  6. novela ridwan berkata:

    salam jumpa kembali mas budhi.
    saya membaca komentar rizki yang mengusulkan bapak ahmad tohari menjadi salah satu pembicara dalam acara seminar sastra pada bulan april ini. yang saya ingin tahu, bagaimana kelanjutan atas info ini mas. terima kasih.

  7. Insan Sudadi berkata:

    Salam Kenal mas budhi.. Nama Saya Insan
    Baru kemarin saya membeli kumpulan cerpen AT (Senyum Karyamin)
    Dan saya sangat menyukai cerpen2 tersebut..
    saya minta tolong dikirim e-mail dan nomor telepon AT,
    sekalian alamatnya di jatilawang,
    Terima kasih banyak

  8. Azka Devara berkata:

    Mas budhi, setelah membaca berbagai macam karya AT
    banyak hal yang perlu saya tanyakan sendiri ke AT mengenai arti dalam
    cerpen cerpen yang bagi saya sendiri adalah suatu hal yang unik.
    boleh tau nomer HP AT nggak?
    thx =)

  9. Julius Tjajadi berkata:

    bravo Ahmad Tohari!!
    sma seperti komen sblmnya, boleh minta no hp AT?
    thx

  10. julie berkata:

    Salam Mas Budhi,

    saya boleh minta no.email AT, sebab ada yang ingin saya sampaikan ke beliau, sehubungan dengan tulisan AT di kolom resonansi, Republika tentang Hak Dasar Kehayatan. Tq ya, mas untuk atensinya.
    sukses selalu buat mas Budhi.

  11. farid berkata:

    Saya sangat suka sekali dengan gaya penulisan dari AT. sama dengan di atas, mas.saya bolwh minta no hp atau emailnya? kirim ke email yah mas…
    yh

  12. ahmad yuliadi berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb,
    Wah Mas Budhi… saya baru menyelesakan mbaca triloginya Mas AT, begitu terbawa saya akan kisah di dalamnya sulit untuk melupakan ceritanya…
    Saya juga sudah menyelesaikan Di bawah Kaki Bukit Cibalak, Senyum Karyamin..
    Bravo untuk Mas At dan Mas Budhi…

  13. Bambang Dwi S berkata:

    Mas Budhi, di komplek perumahan saya ada club, pecinta AT kami punya rencana mau jalan2 kerumah AT di banyumas tapi masih nunggu waktu. oh ya dimana toko buku yg jual koleksi beliau, saya punya hanya beberapa a.l Ronggeng dukuh paruk, senyum karyamin, orang2 proyek dan bekisar merah. saya ingin membeli judul yg lain karangan beliau gmn caranya ya mas Bud, Trims

  14. idim mumajad berkata:

    dunia yang dihadirkan AT benar-benar membawa saya ke “alam” pedesaan yang saya akrabi dari kecil. beberapa kali saya termenung dibuatnya…bolehkah saya minta nomor hp dan email AT? haturnuhun…

  15. Slim White Rose berkata:

    Salam kenal Pak Budhi… Wah, beruntung sekali bisa kenal secara pribadi dengan Pak Ahmad Tohari! Saya adalah salah satu penggemar karya2 beliau, terutama caranya menggambarkan alam pedesaan dan kehidupan orang2nya. Boleh saya minta dikirimi no hp dan email beliau? Saya pernah coba cari siapa tau ada facebook-nya, tapi hasil search Ahmad Tohari ternyata banyak sekali. Terima kasih.

    Email saya: slim.white.rose@gmail.com

    Btw, apa pendapat Anda tentang tokoh Wati di Orang-Orang Proyek? Soalnya saya pribadi agak “berkerut kening” tentang karakter Wati ini. Seolah-olah dibenarkan seorang wanita yang sudah mempunyai kekasih mengejar lelaki lain dan merasa berhak memiliki pakai acara ngambeg2 dan sakit2 pula. Kalau pacaran saja sudah menunjukkan gejala “mendua”, bagaimana kalau sudah menikah nanti. Ini juga yang saya mau diskusikan dengan Pak Ahmad Tohari, hehehe…

  16. fikri berkata:

    asslmkm. saya fikri dari medan n pnggemar brat AT, awalny bc novel orang2 proyek dan menemukan gaya tutur bercerita yang saya cari selama ini. kmudian saya cari buku yg lain tp hny dpt ‘kubah’ dan ‘senyum karyamin’, saya hmpir frustasi neh gk tau mo nyari kmana lg. so jika ad yg berminat pahala, bantuin saya ya😉

  17. Tuti Hidayat berkata:

    Salam kenal buat Mas Budi.

    Menarik juga cerita yang mas Budi uraikan ini (seandainya saya pun dapat bertemu langsung dengan Bapak AT, mungkinkah?) …ada beberapa hal yang mungkin saya dapat tanyakan kepada Mas Budi atau pada Pak Ahmad Tohari Sendiri. saya ingin mengetahui bagaimana gambaran dunia kehidupan wanita Jawa yang tergambarkan lewat tokoh Lasi. Apakah Mas Budi dapat membantu saya, atau mungkin bolehkah saya minta e-mail dan no. Pak AT?
    Terima kasih sebelumnya, mohon maaf atas pertanyaan ini karena saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang kebetulan mengajar sastra untuk mahasiswa. Mohon balasannya ya…terima kasih atas waktunya.

  18. Tuti Hidayat berkata:

    Salam kenal buat Mas Budi.

    Menarik juga cerita yang mas Budi uraikan ini (seandainya saya pun dapat bertemu langsung dengan Bapak AT, mungkinkah?) …ada beberapa hal yang mungkin saya dapat tanyakan kepada Mas Budi atau pada Pak Ahmad Tohari Sendiri. saya ingin mengetahui bagaimana gambaran dunia kehidupan wanita Jawa yang tergambarkan lewat tokoh Lasi. Apakah Mas Budi dapat membantu saya, atau mungkin bolehkah saya minta e-mail dan no. Pak AT?
    Terima kasih sebelumnya, mohon maaf atas pertanyaan ini karena saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang kebetulan mengajar sastra untuk mahasiswa. Mohon balasannya ya…terima kasih atas waktunya. Maaf saya belum pernah membaca tulisan tentang ini karena ini kali pertama saya membuka situs AT.

  19. Fikri dian berkata:

    Saya tahu rumah pak Ahmad Tohari. Kebetulan saya punya teman yg dkat dg rumah beliau & istri pak tohari jga mantan guru teman saya.

  20. fajar ali berkata:

    Ass. saya juga penggemar dari ahmad tohari, saya sering membaca Novelnya. tp kalo boleh, tolong dongmas saya dikirimi biografi dari AT, pendidikan, karier dan kehidupannya. penting mas, buat kelengkapan penulisan skripsi saya

  21. Catastrovaprima berkata:

    wah, menyenangkan..
    saya juga pengen ketemuuuu..

  22. chitra berkata:

    mas aku bisa minta no kontak pak AT??
    temen lagi cari nomor kontaknya soalnya.

    terimakasih.🙂

    inbox ke chitrayudith@gmail.com ya
    thx

  23. Sang pemimpi berkata:

    Boleh sy minta n0mr hp n alamt email pak ahmad tohari.krm k email q y!

  24. Dewi berkata:

    Sya fans AT,gmna cra mendaptkn novel2 nya ya,bisa mnta tolg?

  25. gogo berkata:

    menyenangkan banget bisa ketemu, saya yg lokasi rumahnya dekat dengan beliau aj blm pernah ketemu😀

  26. Wahyu dp berkata:

    Askum , saya wahyu dp mahasiswa sastra indonesia UNY , ada tugas akhir tntang salah satu novel Ahmad Tohari boleh kah saya minta nomor tlp dan e-mai Beliau , tolong ya mas Budhi

  27. wahyu dp berkata:

    askum, saya wahyu dp mahasiswa sastra indonesia UNY, ada tugas akhir tentang salah satu novel Ahmad Tohari, bolehkah saya minta nomor telepon beliau atau paling tidak e-mail beliau, tolong ya mas budhi, sungguh mengesankan bila bisa bertemu beliau

  28. Pamuji berkata:

    Tolong mas,, saya minta alamat email sm no tlp/HP pak Ahmad Tohari.

    terimakasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s