Dolanan di kala Purnama

Ada beberapa tembang atau lagu dolanan, yang mungkin bersifat sangat lokal di kampungku, di Purworejo. (atau mungkin juga ada di tempat lain?).  Yang masih aku ingat adalah:

“Cengkowak angge-angge, sumure kaki bandhe, jero-jero digawe, sungsang merang ojo mbojo-mbojo dhalang, mbojoa demang pincang, sing sugih lemah amba, sawahe silep dhadha, cuger ana manuk mbedhah pager, kecocok sikile tugel, mbok kencoi.. njaluk gendhong”

(Lagu itu dinyanyikan oleh beberapa orang sambil duduk melingkar. Begitu7 sampai syair “mbok kencoi… njaluk gendhong”, maka diperagakanseperti minta diigendhong belakang kepada yang disebelah duduknya)

andremdrema wulung….andremdrema wulung… rombe brambang ketan… (belum lengkap)

tri alah gotri nagasari…ri.. gothang intrik-intrik dadi kodhok (belum lengkap)

Bulan purnama kian berkurang peminatnya di jaman yang katanya modern ini, kalah oleh sorot lampu listrik dimana-mana. Padahal jaman dulu sebelum listrik berkuasa, datangnya purnama adalah suatu kegembiraan, bisa bermain-main di luar rumah, sampai agak larut malam. Dan waktu itu  (sampai tahun 1980-an mungkin) tidak membedakan laki-laki dan perempuan, berbaur. Dan memang semua apa adanya, tak ada yang melakukan tindakan yang tak terpuji. Tapi kini sering purnama kesepian, merasa tak dianggap dan tak lagi punya teman. Padahal kalau tengah sendirian, sungguh nikmat bercakap dengan rembulan. Ditemani gemericik air kali yang bening, senandung jengkerik yang asri, belalang yang renyai, sungguh kita bisa masuk dan bercakap dengan alam. Akan terasa begitu dekat dengan alam, dengan Tuhan. Suasana itu….. menyiratkan pesan. Kecipaknya elok menyentuh penuh kelembutan, dengan teduh kerinduan dan kegaiban. Aah…. kapan kita bertemu?

(kae rembulane wis ndadari….)

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Tradisional 1. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Dolanan di kala Purnama

  1. sudutbumi berkata:

    Salam,

    Mengingatkan saya pada tanah leluhur yang jarang disinggahi.

    _dee_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s