TENTANG “KOPISISA”

Kelompok Peminat Seni Sastra Purworejo, didirikan oleh Soekoso DM dan Maskun Artha bersama sejumlah peminat sastra lainnya di Purworejo pada tanggal 28 April 1979 (bersama peringatan hari wafatnya penyair Chairil Anwar)

Merupakan lembaga nir-laba yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan memberdayakan bakat kepenulisan serta meningkatkan apresiasi sastra masyarakat.

Sejak berdirinya telah dan terus menyelenggarakan kegiatan kesastraan seperti: Lomba Cipta dan Baca Puisi, Cipta Cerpen, Dramatisasi Puisi, Ceramah/Dialog Kesastraan, Siaran Sastra Radio (RSPD Purworejo), Pentas Baca dan Musikalisasi Puisi di Purworejo, Yogyakarta, Surakarta dan beberapa kota lainnya

 

(sumber: KIDUNG BULAN TERTIKAM: Antologi Puisi Penyair Purworejo, KOPISISA, 2000)

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kabar & Silaturrahmi 1. Tandai permalink.

3 Balasan ke TENTANG “KOPISISA”

  1. gunawan berkata:

    Kopisisa?jadi inget maskun artha, siaran di RSPD lagunya Ebiet terus (soalnya puitis dan mendayu dayu). Serius ,kalo pulang kampung aku nanya ke adik ku,masih ada kopisisa di siaran RSPD?pasti jawabannya ‘EMBUH’.soalnya adik ku gk terlalu ‘interest’ jadi ya nggak mengikuti.aku coba setel RSPD kayanya juga gak ada maskun artha. maklum pulang ke wirun kutoarjo cuma pas lebaran doang.tapi sesekali pulang pas hari biasa ,maksudnya non lebaran jg gak pernah denger maskun lagi.

    dulu aku rajin ikut lomba baca puisi, yang di adain tiap tahun,gak pernah tembus tapi,juaranya Aminah mulu.Sekarang biar udah tuwir, pengen juga ikut lomba baca puisi lg, ngumpet2 biar gak ketahuan anak istri.malu sih. dulu juga kalo ikut lomba gak sepengetahuan bpk ibu ku kok.Tapi wkt dies natalis SMA Kristen widodo (salah satu yurinya ada dari theater gandrik)aku masuk final lho.puasssss. dulu penggawa kopisisa kecuali bpk koso, maskun,ada ibrahim r, ya kan ya kan.

    Salam hormat buat semuanya. Gunawan – Bekasi

    • budhisetyawan berkata:

      wah terima kasih mas Gunawan.. sudah kersa mampir.
      saya malah dulu waktu sekolah di SMA 1 Pwr malah belum aktif menjadi penikmat sajian sastra, apalagi menulis dan ikut lomba baca puisi. saya pernah masuk RSPD karena mewakili kecamatan Loano dalam Cerdas Cermat tingkat SD… tahun 80-an…. ha3..

      saya memang sempat mendengarkan beberapa kali acara KOPISISA di RSPD, tapi tidak memperhatikan, karena waktu itu saya lebih tertarik dalam hobi mendengarkan musik, seringnya lewat acara Pilihan Pendengar…..

      ternyata sangat banyak penyair di Purworejo, dan karya2nya bagus. namun entah mengapa, hanya satu dua orang saja yang namanya dikenal secara luas. saay bertemu beberapa kali dengan beberapa penyair, dan beberapa antologi puisi penyair Purworejo yang dibuat, sepertinya hanya untuk kalangan terbatas dan tidak dijual di toko2 buku.

      saat ini saya dan teman2 sedang merintis untuk membuat antologi Puisi Penyair Purworejo, yang diharapkan lebih mengenalkan para penyair Purworejo, sekaligus lebih memperluaskan nama kabupaten Purworejo.

      doakan ya Mas….

      salam..

  2. windriani berkata:

    seni mengutuhkan jiwa manusia….
    sastra memperluas cakrawala…..
    ………………kopisisa….selalu mengingatkan aku tentang sosok bung koso….bung maskun…bung ustadji…bung dulrokhim….bung thomas….bung pardi ar…..bung totok……bung purnama purba……jeng nunung…jeng lintang…….. dlsb ga bisa aku sebutin satu persatu…………
    gimana kabar penjenengan2 semua………….??????????? dulu setiap bulan slalu ngadain pertemuan…kayak arisan….trus dilanjut baca puisi ….seneng rasanya….kumpul2…
    dulu sering diadakan lomba…juga pentas dramasiasi puisi ………..sekarang………masihkah ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s