Kongres Komunitas Sastra Indonesia

Kongres Komunitas Sastra Indonesia (KSI) bertema Meningkatkan Peran Komunitas Sastra sebagai Basis Perkembangan Sastra Indonesia akan digelar di Kudus, Jawa Tengah, 19 – 21 Januari 2008. Acara yang didukung penuh oleh PT Djarum ini akan berupa Kongres KSI, seminar nasional, pementasan sastra dan seni, serta wisata budaya.

Kongres KSI akan memilih kepengurusan baru periode 2008 – 2010, penyusunan program kerja, dan penyampaian rekomendasi yang mencoba merespons kondisi mutakhir kesusastraan Indonesia. Sedangkan seminar nasional akan menampilkan pembicara Budi Darma, Arswendo Atmowiloto, Dendy Sugono, Korrie Layun Rampan,  Maman S Mahayana, Eko Budihardjo, Habiburrachman El-Shirazy, Shiho Sawai, Ahmadun Yosi Herfanda, Micky Hidayat, Mukti Sutarman SP, dan Idris Pasaribu.

Pementasan karya sastra akan diisi antara lain: Sutardji Calzoum Bachri,  Jose Rizal Manua, Parni Hadi, Diah Hadaning, Arie MP Tamba, Kurnia Effendi, Mustafa Ismail, Chavchay Saefullah, Sihar Ramses Simatupang, Fatin Hamama, dan Thomas Budi Santoso. Juga akan diisi pertunjukan wayang klithik dan terbang papat, dua bentuk kesenian tradisional yang sudah langka dari Kudus.

Menurut Ketua KSI, Iwan Gunadi, pada kesempatan itu juga akan diluncurkan buku perjalanan KSI selama hampir 12 tahun. Menurut Ketua Umum Panitia Kongres, Wowok Hesti Prabowo, dan Ketua Pelaksana, Mukti Sutarman SP, acara ini akan diikuti sekitar 200 pelaku sastra, pengurus cabang-cabang di berbagai wilayah di Indonesia, serta masyarakat Kudus dan sekitarnya. Peserta juga akan mengunjungi pabrik rokok, pabrik jenang, Museum Kretek, dan Menara Kudus.

(sumber: Harian Republika, edisi Ahad 16 Desember 2007, halaman A8: Kronik Budaya)

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Agenda Acara. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kongres Komunitas Sastra Indonesia

  1. Ines berkata:

    Perkenalkan saya adalah guru Mata Pelajaran Sastra Indonesia di sebuah SMA Swasta di Jakarta Utara. Saya ingin sekali ikutan menjadi anggota Komunitas Sastra Indonesia . Harapan saya dengan ikut menjadi anggota komunitas banyak hal mengenai sastra yang bisa saya ajarkan kepada anak didik saya.Tolong memberitahu saya bagaimana caranya? terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s