Jadi MC dalam Acara REBOAN # 3

Acara REBOAN dari PASAR MALAM (Paguyuban Sastra Rabu Malam) edisi # 3 berlangsung pada Rabu malam tanggal 25 Juni 2008 di Warung Apresiasi Bulungan, Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut banyak pengisi acara yang tampil antara lain kelompok band indie E-Sound yang menyanyikan beberapa lagu ciptaan sendiri; Erwin yang menyanyikan sajak karya Slamet Widodo; Slamet Widodo sendiri membacakan 2 puisinya; Heri Latief penyair yang bermukim di Amsterdam dan sedang berada di Jakarta; Johannes Sugianto, Pakcik Ahmad dan Dedi Tri Riyadi keduanya dari PASAR MALAM, Mikael Johani, Iskyd dan Anya Rompas dari Komunitas Bunga Matahari; Hujan dan Deepi dari unit kegiatan sastra Universitas Bung karno.

Pada malam itu saya mendapat amanat dari teman-teman di PASAR MALAM untuk menjadi MC, alias Master of Ceremony alias Master of Conthong (bahasa prokem-nya). Oleh karena seseorang yang biasanya mengisi menjadi MC sedang ada tugas berkaitan dengan pekerjaannya, maka saya dijadikan MC secara aklamasi oleh teman-teman saya. Padahal sebelumnya, seumur-umur sampai saat acara REBOAN # 3 itu, saya belum pernah menjadi pembawa acara atau MC di acara apa pun. Tetapi karena saya suka mencoba hal baru dan sekalian untuk pengalaman, toh juga kalau ada salah-salah tak apa lah dan penonton tak menggigit saya juga, maka saya coba saj amenjadi MC. Oleh karena tema REBOAN ini adalah tentang JAKARTA, berkaitan dengan ulang tahun kota Jakarta yang ke 481, maka selain pengisi acara membawakan puisi bertema Jakarta, saya sebagai MC juga menyiapkan beberapa catatan yang berkaitan dengan Jakarta. Beberapa artikel atau bacaan yang saya kutip adalah penggalan puisi-puisi tentang Jakarta karya Rendra, Diah Hadaning, Gus Mus, serta sebagian lagu dari Iwan Fals (Berkacalah Jakarta), Koes Plus (Kembali ke Jakarta), Andi Meriem Mattalata (Lenggang Lenggok Jakarta), dll. Beberapa penggalan puisi dan lagu tersebut saya sisipkan di sela-sela saya membacakan siapa yang baru dan akan tampil selanjutnya. Ternyata improvisasi tersebut sedikit memberikan nuansa yang berwarna dan mengundang decak, sehingga hadirin tidak merasa bosan dan monoton. Dan beberapa teman mengatakan, cukup sukses dengan membawakan acara seperti itu. Terima kasih teman.

Pada malam itu saya menjadi MC berduet ditemani oleh Astri, mahasiwi Universitas Bung Karno. Saya bertemu dengannya ketika saya dan beberapa teman PASAR MALAM diundang untuk mengisi acara OLEH-OLEH DARI SASTRA, yaitu acara yang diprakarsai oleh unit kegiatan mahasiwa Univ. Bung Karno diselenggarakan di Depok Town Square pada hari sabtu 16 Juni 2008. yang hadir dari PASAR MALAM adalah saya, Johannes Sugianto, Setyo Bardono & Dedi Tri Riyadi. Pada saat itu saya membacakan espuisai (seperti puisi-esai) yang berjudul AKU MENUJU MESIN, yang merupakan bagian 1 dari 3 tulisan. Di acara tersebut Astri yang menjadi salah satu MC-nya.

Syukurlah acara REBOAN # 3 berlangsung lancar dan sukses, dengan tetap selalu mengedepankan kebebasan berekspresi dan komitmen berkesenian yang mencerahkan. Banyak pesan kebaikan yang disampaikan oleh pengisi acara, namun karena suasana cukup ramai mungkin hanya beberapa saja kesejukan yang terserap. Namun itu tak masalah, karena bila para penikmat dan penggiat sastra telah kembali ke rumah masing-masing, ke kesunyian masing-masing, biasanya akan muncul dialog dengan batin sendiri dan mulailah terangkai sulur-sulur kebajikan yang kemudian akan ditumpahkan ke dalam karya dan perbaikan dalam sikap dan langkah dalam meniti jalan kehidupan. Tabik!

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kabar & Silaturrahmi 1. Tandai permalink.

5 Balasan ke Jadi MC dalam Acara REBOAN # 3

  1. Sugeng Suryawan berkata:

    Berhubung Mas Bud sebelumnya belum pernah nge-MC, apakah intro-nya kemaren menjadi seperti ini:
    “Matur nuwun……Sak jeg jumleg, ….. dst”.
    [koyo’ sik nang kaset kae Dab…hehehe].

  2. indr@ berkata:

    tukeran link ya pak.. saya blogger ngombol… lam kenal

  3. indr@ berkata:

    tukeran link ya pak di blogroll.. saya blogger ngombol… lam kenal

  4. bl4ck borot berkata:

    walah niku panjengan to kang slam kenal aj dengan nda

  5. pakcik Ahmad berkata:

    pokoknya mas Budhy top markotop dah jadi MC

Tinggalkan Balasan

