Puisi Budhi Setyawan di Kumpulan Puisi INILAH SAATNYA

Sangat layak diberi apresiasi yang sangat tinggi kepada Bpk. Eko Budihardjo yang menandai selesainya bertugas sebagi pegawai negeri dan memasuki masa pensiun dengan mengumpulkan beberapa puisi dari penyair dan beberapa tokoh menjadi buku kumpulan puisi. Buku tersebut dengan judul lengkapyaitu Inilah Saatnya: Kumpulan Puisi Kenang-Kenangan Purna tugas Sebagai PNS. Judul buku diambil dari sebuah puisi WS Rendra, yang juga dijadikan Kata Pengantar buku ini.

Saya baru menuliskan tentang Kumpulan Puisi ini sekarang, karena belum lama mendapatkan buku ini yaitu tanggal 27 Maret 2010. Pada halaman belakang cover tertulis: ”Kumpulan puisi karya penyair dan tokoh-tokoh ternama yang dimuat dalam buku ini merupakan kado, hadiah, dan kenang-kenangan untuk Eko Budihardjo, mantan Ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah (4 periode) dan mantan Rektor Universitas Diponegoro (2 periode), yang purna tugas sebagai pegawai negeri sipil di usia 65 tahun pada tahun 2009”.

Ada beberapa nama penyair yang karyanya termuat dalam buku ini antara lain WS Rendra, A. Mustofa Bisri, Abdul Wachid BS, Adri Darmadji Woko, Agus R Sarjono, Beni Setia, Beno Siang Pamungkas, Dharmadi, Diah Hadaning, Dianing Widya Yudhistira, Dimas Arika Mihardja, Dinullah Rayes, Fina Sato, Gunoto Saparie, Hasan Al Banna, Hudan Nur, Jumari HS, Mahwi Air Tawar, Remy Silado, Roso Titie Sarkoro, Sapardi Djoko Damono, Timur Sinar Suprabana. Buku Kumpulan Puisi ini diterbitkan oleh Penerbit Aneka Ilmu, Semarang.

Ada 3 puisi saya dalam buku ini berjudul: Tentang Pengabdian Bakti Pada Pertiwi, Sebuah Prasasti yang Kausimpan, dan Menatap Mata Batin. Berikut saya cantumkan 1 puisi saja yang berjudul Sebuah Prasasti yang Kausimpan.

Sebuah Prasasti Yang Kausimpan

tembang mocopat lamat lamat menelusuri artefak kisah. ada yang galau berlarian mencari suaramu. kepodang di tepi dahan, menebarkan pandang pada waktu yang bergegas. pasar pasar kehilangan gaung. aku jadi teringat irama orang menumbuk padi dengan antan di lesung, di kampung kampung. ani ani yang murung.

aku berpapasan dengan wajah wajah bertopeng yang riang. aku tak sempat bertanya, tentang wajah mereka sebenarnya. mereka khusyuk menari di sekolah sekolah, tempat perbelanjaan besar, perempatan lampu merah, sepanjang trotoar dan jalanan, juga ketika melukis doa di rumah rumah ibadah. kaki yang terluka terkena pecahan sumpah. tak sempat dirasa. juga pakaian yang robek tersayat akar silam yang terhunus di dinding perjalanan. aku tak tahu apakah mereka menyisakan sebuah ruang di tubuh buat berbincang berteduh.

ada sabana yang lapang di dalam rumahmu. burung burung meletakkan jejak kepak dan nyanyiannya di dadamu. juga telaga jernih dengan ikan hias yang akan menyampaikan salam sebelum kau tidur. langit kamar kehijauan serupa sekumpulan ganggang. kesederhanaan menjadi udara. lumbung nurani bermekaran. akan ada banyak orang duduk di beranda. mengibaskan letih, lalu menimba kesejukan untuk dibawa pulang. gamelan lokananta terngiang memanjang. kesyahduan jiwa menyusun riwayatnya menabur terang. dari dalam kamar tengah ajisaka memanggil zaman dengan teramat pelan, laksana diam.

Jakarta, 5 April 2009

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Puisi Karya Sendiri 1. Tandai permalink.

7 Balasan ke Puisi Budhi Setyawan di Kumpulan Puisi INILAH SAATNYA

  1. semoga haruinya menyenangkan kang….salam damai!

  2. gugik c. r. berkata:

    Pak dmn saya bs mendptkan buku tsb.saya sangat butuh pak.saya sdh cari ke gramedia dan toko2 buku lain blm nemu.saya sangat urgent membutuhkannya untuk acara kantor.apakah bapak ada stock atau bisa saya pinjam/copy/gmn saya bisa mendapatkannya?domisili saya di bandung.trimakasih sebelumnya.

    • budhisetyawan berkata:

      saya hanya 1 eksemplar buku itu karena jg hanya diberi 1 buku oleh mas Eko Budiharjo. buku itu juga setahu saya tidak ada di toko buku seperti Gramedia, atau GUnung Agung. mungkin saya bs membantu dengan mengirim lewat email, puisi karya siapa yang diinginkan, nanti saya tulis ulang di ms word. saya di Bekasi.

  3. gugik c. r. berkata:

    eh klo baca ttg “aku” nya pak Budhi, dl kerja di BC yaa,trus pindah BKF? saya org kemenkeu loh pak.BC tepatnya. tolong dibantu yaapak,bukunya siy saya butuhnya buat 2 hari ini.(aduuuh smg bisaaa yaa)

    • budhisetyawan berkata:

      terlalu mepet harinya mas. coba kalau dari awal bulan, mungkin bs dipersiapkan lbh baik. saya kantor di jakarta, tggl di Bekasi. di Bandung kanwil BC apa pelayanan? kalau ada pegawai/pjbt yang satu angkatan dg saya yaitu Sarjana 99 yg penempatan di Bandung, bs tanya2 dl kpd dia. dmikian. trm ksh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s