Sajak Budhi Setyawan di Seputar Indonesia

Ada 7 sajak saya yang termuat di koran Seputar Indonesia (SINDO) edisi Minggu 4 September 2011, yang terbit di Jakarta. Berikut saya cantumkan di sini 2 puisi, yang berjudul:Riuh Rengkuh dan Lepaskan Tarianmu.

Riuh Rengkuh

hati hati kawan pelan pelan saja. karena hari belumlah kelam. dan mendung masihlah jauh seperti sauh di pelayaran dari tempat berlabuh. jalanan menawarkan sedemikian banyak lubang dan benjolan. kukantungi sajakmu dengan ransel hitam meski tak selegam anak rambut perempuan klasik dalam lukisan bali. namun masih saja ada yang menetes sepanjang petualangan, serupa nada serupa mantra. menyambung riuh jeda. atau memang dilahirkan untuk menjadi penanda bagi sempitnya jejak debar usia. sesiapa sering berlayar memancing kata kata keluar dari terumbunya. dia pemilik dada.

Makasar, 2008

 

Lepaskan Tarianmu

kaukirim lentik letup korek api, matanya berkilat nanar pada bahan bakar bensin yang memenuhi lusuh kisah dan ceruk dendam. setiap kata menjadi potensi teriak yang akan mengirimkan lebam kepada malam. kapan kita buat pesta.

setiap menunggu adalah jamur waktu yang mengangkang. aku jadi ingat cerita orang yang diasapi oleh sosok karbitan dan kampungan dengan kisah kisah hantu. lalu di tubuhnya bertumbuhan malam yang sangat jelaga, disertai akar gusar yang mencuat berontak. karena sekolah sekolah telah menanam bonsai berdaun hipokrit ke dalam taman teruna yang galau hampa.

lepaskan, bebaskan segala ritmik gerak yang telah mengembang desak.  mengeja momentum dalam deraian harum luka. membaca dengan semesta puja, hijab hijab yang terbuka. bukankah telah sedemikian lama pijar mengidam akan gelegar.

Jakarta, 2008

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Puisi Karya Sendiri 1. Tandai permalink.

8 Balasan ke Sajak Budhi Setyawan di Seputar Indonesia

  1. harijogja berkata:

    halo mas.. mampir mampir nih… semoga di bekasi ada ajang kopi darat sastra ya🙂 dan kita bisa ketemu

  2. moe berkata:

    Dimana bumi dipijak disitulah engkau selalu berkarya, luar biasa kawan …he..he..he..apa kabar mas budhi..semoga sehat selalu ..

  3. Budi Nurhikmat berkata:

    sedang menikmati…..
    hmm….mantabs🙂

  4. gogo berkata:

    mantab om.. teruskan berkarya. keep sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s