Puisi Budhi Setyawan di Bali Post Minggu 1 April 2012

Ada 2 puisi saya yang dimuat di koran Bali Post edisi hari Minggu tanggal 1 April 2012 yaitu berjudul: Segitiga Kota dan Kau yang Menempuh Seluruh Perasaan. Puisi kedua yang berjudul Kau yang Menempuh Seluruh Perasaan tersebut termaktub dalam antologi puisi ibu karya beberapa penyair Indonesia yang diterbitkan Sastrawelang Publisher, yang diberi judul Karena Aku Tak Lahir dari Batu. 

Berikut saya tampilkan 1 puisi yang berjudul Segitiga Kota.

SEGITIGA KOTA

: purworejo, jogja, bandung

tiga kota itu telah menahanku dengan keramahan rahim. ada keteduhan usap yang mengirimkan doa, juga keteguhan pijar yang menajamkan asa. riwayat kesahajaan merestui waktu agar senantiasa berada dalam alam keseimbangan. masih tersimpan dalam nadiku ucapnya: kau bukan migran, kau bukan asing di sini. ini juga tubuhmu sendiri meski kau belum dengan seluruh ruh mengenali. entah kapan mengetuk pintu, kemudian mereka pun mendiami bilik bilik di jantungku. menjadi penghuni sunyi dengan keberagaman artefak purbawi. sungguh aku ingin mendengar percakapan di antara mereka,  pada pucuk malam sehabis hujan. pada kesepian yang basah, pada kesendirian yang rebah. baru sekelumit catatan yang dapat kurunut,  tentang ritus kelahiran dan hafalan nama nama. hijau panorama dan kuncup canda. belum jua ku sanggup menggenapi eksplorasi segala kisahnya.

dan aku kanak kanak yang lonjak saat kau bilang kita akan berlibur di sebuah pesona, dan nanti naik delman, melihat sawah dan perbukitan. memunguti kenangan dan wajah teman. namun selalu saja masih ada yang luput dari tangkapan, yang lepas dari tangkaran, meski telah kucoba merasuk sedalam mungkin nuju keheningan silam. lalu aku pun terhenyak repih ketika kau berkata dengan separuh bisikan: tentang sabuk pengaman dan masa depan. cerita tentang jalan protokol dan lagu urban. kaukirimkan tebing tebing curam. juga semacam tafsiran tafsiran.

Bekasi, 2008

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Puisi Karya Sendiri 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s