Puisi Budhi Setyawan di Sastra Mata Banua

sastra banua edit3Ada 1 puisi saya yang dimuat koran Mata Banua (Kalimantan Selatan) edisi hari Sabtu 5 Januari 2013.

Puisi saya tersebut berjudul Distorsi Mekar Fajar. Ada Catatan Sastra Mata Banua yang isinya adalah sebagai berikut:  pada puisi Distorsi Mekar Fajar, Budhi menuturkan kondisi jiwa dalam kehidupan kota. Dimana manusia-manusia yang tinggal di kota, selalu dikejar waktu dan kesibukan yang tiada kesudahan.

Sehingga …/ ditumbuhi karat cemas juga was was yang sering berubah/ perangai bak raksasa, yang mengasah taring di gerbang/ selamat datang, hingga para pendatang banyak terlunta/ meradang//

Maka makna harmoni desa menjadi kerinduan dan kota sebaliknya… / pada jalanan palung desa, aku mengisi celah nada/  pada jalanan jantung kota, aku diisi perkosa makna. [araska]

 

Distorsi Mekar Fajar

kokok ayam yang dulu mengetuk ngetuk kamar di jendela kayu di rumah bambu untuk membangunkan pagi, kemana perginya. atau telah kausembunyikan di dalam sebuah kamar di komputermu. atau telah bertukar dengan klakson kendaraan yang menjadi simponi sekedar mengingatkan igauan tentang pagi, mengiris memotong siklus harmoni.

waktu yang pecundang, takut terlambat lalu tergesa dan terburu. aku telah lupa nama nama hari. juga sengkarut sisa mimpi malam yang menjadi onggokan kawat berduri. ditumbuhi karat cemas juga was was yang rajin berubah perangai bak raksasa, yang mengasah taring di gerbang selamat datang, hingga para pendatang banyak terlunta meradang.

pada gulungan era masih terlihat bayang rute jelajah. pilihan pilihan tersedia merupa rasi bintang sebagai penanda musim dan arah mata angin:

pada jalanan palung desa, aku mengisi celah nada.

pada jalanan jantung kota, aku diisi perkosa makna.

Bekasi, 2008

 

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Puisi Karya Sendiri 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s