Puisi Budhi Setyawan di Litera.co.id

Cover Litera dotcoid puisi Buset 11 April 2016Ada 3 puisi saya yang termuat di rubrik Sajak pada portal Litera.co.id yang dimuat-tayangkan pada hari Senin, 11 April 2016. Ketiga puisi tersebut berjudul Bakat Bahagia, Berhala Rindu dan Dari Sebuah Pertemuan.

Litera.co.id ini merupakan portal atau web yang dikelola oleh beberapa sastrawan: penyair, cerpenis, novelis dan kritikus sastra. Situs atau portal sastra Litera.co.id diterbitkan oleh Lembaga Literasi Indonesia dan diluncurkan secara resmi ke publik pada Kamis, 7 April 2016, di Resto Kampoeng Anggrek, Jalan Raya Victor, Serpong, Tangerang Selatan.

Situs sastra Litera.co.id sebenarnya telah hadir beberapa bulan lalu. Namun baru pada awal April 2016 diluncurkan secara resmi. “Situs sastra ini bermaksud menghadirkan karya sastra yang bermutu di internet,” kata Ahmadun Yosi Herfanda, pemimpin umum/pemimpin redaksi Litera.co.id. Untuk mewujudkan itu, menurut Ahmadun, redaksi akan melakukan seleksi ketat terhadap karya-karya yang dimuat baik itu cerpen, puisi, maupun esai.

Sebagaimana karakter media online, begitu ada kiriman karya sastra, redaksi langsung membacanya untuk segera dimuat atau tidak dimuat. Jadi, menurut Ahmadun, jika lebih seminggu karya yang dikirim penulis tidak tayang artinya memang belum layak atau belum cocok untuk Litera.

Selain memuat karya dalam kategori biasa, sidang redaksi juga akan memilih karya-karya pilihan tiap akhir pekan yakni puisi pilihan, cerpen pilihan dan esai pilihan. “Puisi pilihan, cerpen pilihan dan esai pilihan itu akan mendapat tanda terima kasih dari redaksi. ” Sementara ini nilainya tentu tidak banyak. Sebab situs ini dikelola organisasi nirlaba dan kami belum mendapatkan sponsor.”

Lalu pada akhir tahun direncanakan karya-karya pilihan itu akan dibukukan. Disamping karya sastra, Litera juga menyediakan ruang untuk berita atau informasi tentang kegiatan sastra. Kami mengajak para sastrawan untuk mengirim informasi kegiatan sastranya agar bisa diberitakan di Litera. “Begitu pula jika sastrawan menerbitkan buku baru, jangan segan-segan mengirim informasi atan rilisnya kepada kami untuk kami bantu promosikan kepada pembaca sastra.”

Di portal litera.co.id tersebut ada informasi cara berkirim tulisan ke litera, yaitu:

Cara Kirim Tulisan

Kami mengundang para pengarang Indonesia untuk mengirimkan puisi, cerpen, esai, dan cerita bersambung ke portal sastra Litera.co.id. Selain itu, kami juga menerima informasi agenda, rilis dan reportase kegiatan sastra. Tulisan dapat dikirim lewat email: editorlitera@gmail.com. Redaksi akan melakukan seleksi untuk semua tulisan yang dimuat. Jika selama sebulan tulisan tidak dimuat, boleh dikirimkan ke media lain.

Link litera untuk puisi: http://litera.co.id/category/sajak/puisi/

Satu puisi yang saya cantumkan di sini berjudul Bakat Bahagia.

 

Bakat Bahagia

 

bukankah kita makhluk dengan bakat bahagia

yang piawai mengatasi berbagai siasat cuaca

 

kau masih tak percaya

dan seperti haus bukti

apakah kau juga lupa

irama lagu jantungmu sendiri

 

bukankah dalam tikaman ribuan nyeri

kita tak pernah sungguh sungguh ingin bunuh diri

 

paling paling kita hanya kerap merasa sendiri

dan yang memeluk napas cuma sepi

selanjutnya kita larikan hari ke larik larik puisi

sampai waktu begitu betah, enggan berganti

 

Jakarta, 2015

 

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Puisi Karya Sendiri 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s