Menjadi Juri Lomba Baca Puisi di Ksatrian Marinir Cilandak Jakarta Selatan

Beberapa kali saya menjadi juri lomba baca puisi di berbagai tempat dan pesertanya berbeda usia serta profesinya. Di Bekasi peserta lomba baca puisinya anak SMA, di Kementerian Keuangan pesertanya para pegawai negeri, dan di kampus universitas pesertanya mahasiswa kampus tersebut.

Untuk lomba di Bekasi Berpuisi, telah saya tulis secara singkat di blog ini. Bisa cek di tautan https://budhisetyawan.wordpress.com/2008/08/28/jadi-juri-dalam-lomba-baca-puisi-bekasi-berpuisi/

Sedangkan lomba di Kementerian Keuangan telah saya infokan di blog ini, dengan tautan di https://budhisetyawan.wordpress.com/2008/09/02/jadi-juri-dalam-lomba-baca-puisi-di-depkeu/

p_indra_buset_setiyo1

 

 

 

 

Selanjutnya saya dua kali menjadi juri lomba baca puisi dan sekaligus juri lomba penulisan puisi di kampus Universitas Gunadarma pada tahun 2014 dan 2016. Lomba tersebut merupakan bagian dari GELAR SENI MAHASISWA GUNADARMA (GSMG). GSMG 2016 sebagai ajang kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, telah berlangsung pada tanggal 29 Februari 2016 hingga 2 Maret 2016. Seremoni Pembukaan GSMG 2016 diadakan pada tanggal 29 Februari 2016 secara resmi dilakukan oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E. S. Margianti, SE, MM. Acara Pembukaan yang dimeriahkan oleh Tari Saman yang dibawakan oleh Unit Kegiatan Tari Universitas Gunadarma, dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, dosen, dan pengurus organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Gunadarma.

GSMG 2016 Menyelenggarakan sebanyak 17 (tujuh belas) tangkai lomba: Menyanyi Solo Pop Putra dan Putri, Menyanyi Solo Dangdut Putra dan Putri, Menyanyi Solo Keroncong Putra dan Putri, Monolog, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Desain Poster, Baca Puisi Putra dan Putri, Melukis, Comic Strip, Fotografi Hitam dan Putih, dan Fotografi Berwarna.

Babak seleksi dan final lomba menyanyi dilaksanakan di Auditorium Kampus D, dimana penilaian dilakukan oleh tiga orang juri. Lomba menggambar comic strip dilaksanakan di Laboratorium Arsitektur, lomba monolog di Laboratorium Teater, dan Lomba baca puisi dilakukan di Ruang Serbaguna Kampus D. Setiap penampilan peserta dinilai oleh tiga orang juri, demikian pula setiap hasil karya seni yang diikutsertakan pada tangkai lomba penulisan cerpen, lukis, comic strip, dan fotografi.

Pengumuman pemenang serta penutupan GSMG 2016 dilakukan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Irwan Bastian, SKom, MMSI pada tanggal 2 Maret 2016. Rangkaian penutupan GSMG 2016 dimeriahkan oleh penampilan finalis lomba dan sebuah lakon oleh Unit Kegiatan Teater Mahasiswa Universitas Gunadarma. Sumber tautan http://kemahasiswaan.gunadarma.ac.id/hasil-gelar-seni-mahasiswa-gunadarma-tahun-2016/

Kemudian pada pertengahan September 2016 saya dihubungi lewat email oleh seseorang lewat pos-el (email) untuk menjadi juri lomba baca puisi. Ternyata yang menghubungi saya adalah anggota korps marinir di Ksatrian Marinir Cilandak Jakarta Selatan.  Pasmar-2 menggelar lomba baca puisi sebagai salah satu lomba dalam rangka menyambut HUT TNI ke-71 yang dilaksanakan di Kesatrian Marinir Hartono, Jl. KKO Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa 27 September 2016. Kegiatan lomba membaca puisi ini diikuti oleh para pelajar tingkat SD dan SMP wilayah Jakarta Selatan, berjumlah lebih dari 80 pelajar. Perlombaan berlangsung sehari selain bertujuan untuk menyambut HUT TNI ke-71 juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan semangat maupun berkreasi untuk kemajuan masa depan bangsa. Saya sebagai salah satu juri dalam lomba baca puisi ini didampingi 2 anggota korps marinir TNI AL.

7lombapuisipasmar2Dari hasil lomba yang diumumkan oleh panitia dan dewan juri, keluar sebagai juara pertama lomba membaca puisi berhasil diraih Rizki Amalia Putri dari SD AL Achfas, juara kedua di raih Vina Haza Choiriyah dari SMPN Pasar Minggu, dan juara ketiga diraih Wida Nirwasita dari SDN Kebagusan 03 Pasar Minggu. Sumber tautan dan berita dari http://www.siagaindonesia.com/135143/pasmar-2-adakan-lomba-baca-puisi-dan-lomba-stand-up-comedy.html dan http://www.marinir.tnial.mil.id/index.php?berita=detail&id=2439

Sekadar informasi untuk penilaian lomba baca puisi, berikut ini beberapa kriteria dalam penilaian lomba puisi:

  1. Penghayatan: penghayatan dalam sebuah puisi bertujuan untuk menyampaikan isi dari puisi secara ekspresif.
  2. Penampilan: Penampilan dari segi busana yang rapi dan sikap percaya diri di depan panggung.
  3. Intonasi: Intonasi nada yang tepat dan teratur. Sesuai dengan rima dari puisi itu, tepat tinggi rendah suara pada kata-kata
  4. Pelafalan: pelafalan sangat penting, pembedaan vokal dan konsonan yang dipertegas menyodorkan karakteristik puisi.
  5. Mimik: Mimik menjadi syarat wajib yang nilanya cukup tinggi, tanpa mimik atau ekspresi muka penghayatan kurang maksimal.

Sementara untuk penulisan puisi, ada beberapa kriteria penulisan puisi yaitu:

  1. Sesuai dengan tema : tema biasanya ditentukan oleh panitia. Kesesuaian tema menjadi acuan pertama dalam penilaian.
  2. Keutuhan dan keselarasan : keselarasan bait demi bait, baris demi baris yang mengacu pada tema menjadi pertimbangan yang juga memiliki bobot nilai tinggi.
  3. Diksi dan gaya bahasa : bahasa yang kreatif dan pilihan kata yang segar dan tepat serta tidak basi menjadi pertimbangan juri secara umum. Kekreatifan meramu ide dengan kata-kata sangat diperlukan agar puisi tidak hambar.

Dalam lomba puisi siswa sekolah dasar tujuan utama adalah mendidik kreativitas siswa, melatih untuk semangat berekspresi positif berbahasa Indonesia. Jadi seharusnya memahami kriteria penilaian lomba puisi bisa dikuasai dengan baik, sejatinya mereka masih sekelas anak-anak dengan acuan kelas siswa dan anak-anak. Sumber tautan http://informasipengetahuan.blogspot.co.id/2015/03/kriteria-dalam-penilaian-lomba-puisi.html

Untuk kriteria dalam lomba baca puisi, ada yang menuliskan secara lebih pokok dan ringkas yaitu 3 kriteria penilaian. Ketiga hal yang diperlukan dalam membaca puisi:

  1. Artikulasi: ketepatan dalam melafalkan kata-kata. Kejelasan pengucapan, timbre atau warna bunyi,
  2. Intonasi atau lagu suara. Ada 3 hal tekanan yaitu dinamik (keras – lembut suara), nada (tinggi – rendah suara),  dan tempo (cepat – lambat)
  3. Ekspresi atau mimik. Ekspresi adalah pernyataan perasaan hasil penjiwaan puisi. Mimik adalah gerak air muka.

Sumber tautan http://www.rijalhabibulloh.com/2014/11/contoh-format-penilaian-lomba-membaca.html

Menurut saya, penilaian yang bersifat pokok adalah pada angka 1 dan 2 yaitu artikulasi dan intonasi. Sedangkan pada angka 3 yaitu ekspresi lebih sebagai pendukung dari dua kriteria sebelumnya.

Sebagai penyuka puisi dan penulis puisi, saya sempat beberapa kali juga baca puisi. Di pertemuan-pertemuan sastra di berbagai kota, di sebuah kantor peneliti, dalam acara di kantor tempat bekerja, di panggung terbuka TIM Jakarta, di RRI Jakarta, di radio Bekasi, dan lain-lain. Suasana atau keadaan di tempat acara, tipe pengunjung dan jenis puisi mempengaruhi terserap atau tidaknya keindahan serta pesan dalam puisi yang dibaca. Pada acara yang bersifat umum dan tidak banyak pengunjung yang suka dan intensif membaca bacaan sastra, maka puisi yang lebih mudah diterima adalah puisi dengan bahasa lugas. Dan akan lebih terasa hidup jika yang dibaca puisi panggung dengan pengungkapan bahasa bergolak bersemangat dan berjuang, tidak banyak pilihan kata khusus serta penggunaan majasnya.

Sementara pada lingkup pengunjung yang berisi para penyair, kritikus, atau yang intensif bergaul sastra sehari-hari, biasanya puisi dengan permainan diksi dan majas yang unik dan terasa segar akan lebih memancing kekhusyukan pengunjung untuk menikmati pembacaan puisi.

Selamat membaca puisi.

Saya bisa dihubungi di alamat pos-el (email) budhisetya69@yahoo.com

Terima kasih.

 

Jakarta, 10 Oktober 2016

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kabar & Silaturrahmi 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s