DISKUSI SAJAK SAJAK SUNYI DI MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

Komunitas Akarpohon di Mataram Nusa Tenggara Barat mengadakan diskusi buku puisi Sajak Sajak Sunyi karya Budhi Setyawan. Acara ini diselenggarakan di Mataram karena penyair Budhi Setyawan sedang berada di kota Mataram, dalam rangka tugas dinas kunjungan selama beberapa hari di Mataram. Acara diskusi buku diadakan pada hari Rabu, 13 September 2017, dimulai pada pukul 19.00  WITA – selesai, bertempat di sekretariat komunitas Akarpohon, Jln. Swakarya III Gang Metro No. 11 kota Matara, NTB.

 

 

Diskusi baru dimulai sekitar pukul 20.00 WITA. Diskusi secara santai ini dihadiri oleh puluhan penggiat komunitas Akarpohon di Mataram.

Kiki Sulistyo, dalam awal diskusi mengatakan bahwa membaca puisi itu tidak cukup hanya sekali, yang baik beberapa kali dan dalam suasana yang kondusif untuk meresapi puisi. Dari pembacaan yang dapat dikatakan sekilas, ia mengatakan bahwa puisi Buset merupakan puisi yang tersusun dari larik sederhana. Akan tetapi jika lebih detail dalam membacanya, dapat dikatakan bahwa banyak puisi yang tidak sederhana. Banyak kata yang diambil dari banyak hal/tempat, sehingga terasa melompat atau berjarak. Bisa jadi ada kaitan, tetapi memang diperlukan beberapa kali membaca untuk mendapatkan tafsir yang mungkin mendekati dengan yang diinginkan oleh penyair.

Sementara Irma Agryanti mengatakan bahwa puisi Buset lebih mirip sebagai ungkapan yang berbicara pada diri sendiri. Penyampaian dengan bahasa yang lirih, sekaligus banyak sisi yang terasa sangat subyektif. Secara tema mungkin banyak yang bersifat umum, penggarapannya lebih ke dalam, tidak banyak menggunakan kata-kata yang berada di luar tubuh. (barangkali perlu mengikutkan kata-kata yang di sekitar atau keseharian pada puisi-puisi untuk mendapatkan frase atau idiom yang lebih kuat)

Diskusi berlanjut dengan adanya beberapa pertanyaan dari hadirin yang lebih terkait pada proses kreatif , misalnya memilih puisi untuk buku antologi, proses menulis selama ini, dan lain-lain.

Diskusi berjalan efektif sampai pukul 23.00 WITA, dan usai pada pukul 23.30 WITA.

Terima kasih.

 

 

Tentang budhisetyawan

Seorang yang suka musik dan sastra.
Pos ini dipublikasikan di Kabar & Silaturrahmi 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s