Umum

Dalam hidup dengan usia yang terus bergerak laju, kadang masih ada seberkas kegamangan. Begitu sering terbit pertanyaan di dalam sanubari: APAKAH KARYAMU WAHAI MANUSIA? HINGGA USIAMU KINI, APA YANG TELAH KAMU HASILKAN?

Kali Kodil di Kampungku

Pertanyaan-pertanyaan itu rajin menyelinap ke lubuk pertempuran perasaan, ketika aku menuju peraduan malam. Maka terjadilah kecamuk perang kata-kata yang berdengung-dengung mengisi rongga pikiran, perasaan, perasaan, dalam dada, dalam kepala….. kalau peperangan tengah berlangsung, maka muncullah sosok yang menamakan dirinya INSOMNIA. Mengapa Nia? mengapa bukan Nita, Nila, Nisa, Ani, Wati, dll… setelah itu bisa ditebak, mata mencoba pejam namun dunia tak mau lupa, bahkan kian menggila… lalu sayup-sayup kenangan masa lalu hadir, ikut membombardir malam yang resah. Lalu makhluk bernama ANDAI ikut memprovokasi, mengerahkan cerita manis dan kenikmatan. mengantarkan alunan musik syahdu dan minuman menggugah selera; namun semua berlabel merek FATAMORGANA. Perang masih berlangsung seru, kadang merampas dan memperkosa malam. Barisan keinginan dan hasrat, pelan-pelan menampakkan dirinya, malu-malu berjalan. Ditarik magnet peperangan, menuju arena: memenuhi gelanggang pertarungan, menjadikan malam merambat pelan di titian sepi, terasing, jauh, gigil, …… aaah….

bungahijau.jpg

(lalu pagi menghampiri dengan wajah tersenyum…, tapi belum sempat membereskan ILUSI semalam, hanya terendap di pojok kamar hati)

Serombongan pertanyaan itu akan terus bergema, dari hari ke hari, bulan, tahun,…. menunggu jawab: BUKTIKAN BAHWA KAU ADA!

Dan secara perlahan dan tekun, aku mulai menerjemahkan keberadaanku dalam hidup ini dengan BERKARYA. Menurutku KARYA membuktikan keberadaan manusia, sekaligus kesanggupan diri mensyukuri talenta dan akal yang telah dikaruniakan oleh Tuhan.

Kepada para pembaca, kuucapkan: “SELAMAT BERKARYA, dan TERUS BERKARYA“.

33 Balasan ke Umum

  1. kris berkata:

    wis ning Bali isih pengin bali…bali wae ning Jogja… Jogja…Jogja. Selamat dab! wah apik dab blogermu… mambu-mambu Jogja… dadi pengin bali Jogja!

  2. Moetiara berkata:

    Iya.. itu yg jadi bahan lamunan sekarang… udah seumur ini, apa ya yang udah kita buat dalam hidup kita?

  3. Wahyu Widodo berkata:

    Saya ucapkan salam kenal, karena baru pertama saya membuka blog & beberapa karya mas Budi.
    Karya mas Budi cukup bagus, membuat kita ikut terhanyut seolah² kita terbawa dalam cerita di masa lalu.
    Selain itu karya mas budi juga bisa menambah cinta akan tanah kelahiran kita, karena beberapa tulisannya menggambarkan suasana di Purworejo.
    untuk dibandung karya mas Budi sudah ada belum ya ?
    kalau ada di toko buku mana saya ingin membaca karya yg lain.

    selamat & semoga karya mas budi akan lebih baik lagi.

    salam,
    wahyu widodo.
    IT Dept. Head PT. Himalaya Bandung.

  4. budhisetyawan berkata:

    Matur nuwun Mas wahyu Widodo,
    di Bandung di Toko buku KARISMA, GUNUNG AGUNG, TIGA SERANGKAI. untuk buku 1 & 2 juga ada di TOBUCIL, ULTIMUS, dll
    selamat membaca…

  5. Arif Kurniawan berkata:

    Sudah sedasawarsa aku tidak ketemu sahabatku yang satu ini. Enam bulan lamanya aku pindah ke Kantor di Jakarta aku teringat temanku yang ngakunya PE EN ES di BE CE dan sekarang nyambi belajar jadi SASTRAWAN, terus aku telp ARIF Bantul untuk minta nomer Hapenya. Setelah ku hubungi aku butuh waktu beberapa detik untuk meyakinkan bahwa aku dulu temannya di Yogya, teman dikampus dan tetangga kos-kosan di Kuningan. MAsih iNgat Bud? Habis telepon giliran SMS-an dan akhirnya kutahu Lewat blognya bahwa temanku sekarang sudah jadi seniman. Selamat Bud. Kayaknya sekarang aku harus panggil dengan panggilan Kang Budhi Setyawan. Jakrarta 25 Feb 2008.

  6. eko PUTRA berkata:

    salam
    seneng bisa baca puisinya
    silakan datang ke zona saya
    klik http://www.ekoputra-puisi.blogspot.com

  7. hermin berkata:

    wah mas budhi… rapi & apik nih blog nya..
    enak juga kok baca2 karya nya.. selamat berjuang terus ya… !!
    siiiiiiiippppppppp punya ^_^

  8. Soto berkata:

    Saya senang baca-baca karya-karya mas Budi, sekalipun hanya sebagian.
    Selamat dan sukses.

    (wong poerworedjo)

  9. Salam Kenal…
    Kami sedang membangun sebuah blogs kompilasi, di http://www.sebuahgudangtua.wordpress.com
    Dapat kami jelaskan sebagai berikut:
    Didalam blogs gudang tua ini anda dapat turut menampilkan segala bentuk karya anda, baik itu berupa cerpen, puisi, novel, opini, laporan perjalanan, dan lain sebagainya…
    Setiap karya yang masuk akan kami tampilkan tanpa membedakan baik itu karya dari seorang penulis pemula maupun karya dari penulis ternama…
    Jika anda berminat untuk turut berpartisipasi dalam http://www.sebuahgudangtua.wordpress.com ini, silahkan mengirimkan karya-karya anda disertai dengan profil/riwayat penulis ke redaksi gudang tua di: gudang_tua@yahoo.com atau sebuahgudangtua@gmail.com
    Redaksi Gudang Tua tidak akan mengurangi atau menambahi sedikitpun isi didalam karya yang ditampilkan, namun segala karya tersebut sepenuhnya tetap menjadi tanggung jawab penulis.
    Catatan: Karya yang dikirimkan diharapkan merupakan karya asli dari penulis

  10. Mahmud berkata:

    Assalmu’alaikum w.w.

    Maaf, nyuwun sewu!

    Ketiga kalinya saya berkunjung di laman Bapak dan ketiga kalinya juga saya mendapat pencerahan di sini.
    Laman Bapak memang bagus untuk dikunjungi karena banyak manfaat yang dapat diraup di dalamnya.

    Wassalamu’alaikum w.w.

  11. Agung Purwadi berkata:

    Assalmu’alaikum w.w.

    Maaf, nyuwun sewu!

    di woco enak… nek di itung-itung isih sak kandang purworejo, memang sepi purworejo iku ning nggak iso ngilang ke kenangan nang kono mas…. opo maneh nek pindah Yogya tambah sumringah… ning saiki nang ibukota (15 Th) malah puyeng mas… pingin ne iso ketemu sedulur purworejo

    Wassalamu’alaikum w.w.

  12. savitri restu putri berkata:

    Kulo nuwun, mas Budhi, ini sudah yang ketiga kalinya saya bertamu ke blog mas Budhi. Tapi baru sekarang saya buka lengkap semua halamannya. Sae sanget, mas, syairipun (ugi blog ipun),..Semoga sukses ya,mas baik sebagai abdi negara maupun dalam berkarya..

  13. siska berkata:

    Met knal aja…oya klo da info lowongan di Depkeu kabarin y,,,thx

  14. budhisetyawan berkata:

    terima kasih buat semua teman2 yang beri komentar. itu support buat saya yang masih belajar nulis ini. salam kreatif..

  15. uchie Sari berkata:

    hai..mas..gw uci yang di add, gw udah bc profile mas..
    wah..ternyata gw dapat kenalan sang pujangga..gw seneng bgt…
    terima kasih ya mas..udah bisa kenal…

  16. Arsyad Indradi berkata:

    Lama tak bersua baik ditempat pertemuan sastra maupun di maya. Selamat tahun baru. Salam sastra.

  17. Agus berkata:

    Wah…ketemu wong Purworejo….sing seneng nulis…geguritan maneh….wah…seneng bngt selamat berkarya yo mas…

    Aku yo wong Pwr lho….

  18. habib abdulloh berkata:

    Ternyata Mas budhi yang kukenal, masih luarnya saja ….. dalamnya masih asing, tapi … luar biasa
    salam sukses selalu ….

    • budhisetyawan berkata:

      wah…. berlebihan mas Habib.
      saya orang biasa saja, banyak kekurangan juga..

      terima kasih telah mengapresiasi karya2 saya…

      salam sastra-musik!

  19. rini intama berkata:

    Mas Budi, bagus dab ngangeni juga…. kapan nulis puisi dong diblogku ….di tunggu yaaa ?
    bolehkah aku juga menulis puisiku disini ?

    • budhisetyawan berkata:

      matur nuwun mba rini. sementara blog ini ya hanya tulisan ku saja. plus beberapa karya orang lain yang kuambil dari buku mereka.

      selamat berkarya…

  20. hesra berkata:

    Diskursus, kunamai yang semacam itu; debat hati.

  21. Auk berkata:

    Karya mas Budi menyentuh, serta merta membangunkanku dari tidur lelapku karna kian lama terbelenggu dalam sibuk hari hariku menjelajah dunia yang sebenarnya. Laut itu telah mengirim mimpi di dunia khayalku

  22. dandhy berkata:

    wah pak tulisan bagus bgt , bahkan sampe di muat d LKS mapel bhasa jawa saya
    haha

  23. Budi Nurhikmat berkata:

    terjebak…dan terkagum dalam blog sastra
    salam knal dari pemula sastra walau umur tidak muda lagi
    sukses mas budhi…
    terus berkarya dan bernarsis sastra….

  24. oktaviana berkata:

    ajiiibbbbbbbbbb………….
    buaatt yang baruuu….
    tentangg percintaan dooong….
    🙂

  25. agus berkata:

    Dah brapa lm Q g bs tdr hmpir tiap mlm tp stelah bca itu q rsa bnar jg…..

  26. etokwuta berkata:

    Cogito Ergo Sum….Decartes menyelip kalimat ini untuk kita renungkan dalam kerja “berpikir” untuk memberi nama tentang sesuatu yang tak terkatakan…..

  27. shinta berkata:

    ajarin bikin puisi dong pa……

  28. Anton Wibowo berkata:

    Q suka banget puisi ini,
    Sangat menginspirasi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s